11 Oktober 2017

Kepala MTsN 1 Bulukumba Laksanakan Supervisi Akademik

Bontomacinna, (MTsN. 1 Blk) - Secara umum kegiatan supervisi dapat dibedakan dalam dua macam, yaitu: supervisi umum dan supervisi akademik. Supervisi umum dilakukan untuk seluruh kegiatan teknis administrasi sekolah, sedangkan supervisi akademik lebih diarahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Administrasi dan supervisi merupakan alat penunjang untuk mencapai tujuan pendidikan. Demikian juga halnya tujuan pendidikan di madrasah dapat tercapai bila di dalamnya ada kegiatan administrasi dan supervisi secara sistematis dan kontinu. Kegiatan administrasi dan supervisi di madrasah di laksanakan secara menyeluruh.

Jelang kedatangan tim monitoring dan evaluasi ke madrasah, kepala MTsN 1 Bulukumba adakan supervisi akademik terhadap para gurunya.

Sebelum observasi kelas, kepala madrasah melakukan wawancara serta diskusi dengan guru yang akan diamati. Langkah awal kepala madrasah yakni menyusun jadwal supervisi yang dilaksanakan mulai Senin 9 Oktober 2017. Wakamad kurikulum Mutahara , S. Ag, M. Pd. I. objek pertama supervisi dengan diskusi dan wawancara yang mencakup kurikulum, pendekatan, metode dan strategi, media pengajaran, evaluasi dan analisis.

Setelah wawancara dan diskusi mengenai tugas dan tanggung jawab guru dalam kegiatan belajar mengajar, kepala madrasah kemudian mengadakan observasi kelas. Observasi kelas meliputi pendahuluan (apersepsi), pengembangan, penerapan dan penutup.

Setelah observasi kelas selesai, kepala madrasah bersama guru yang disupervisi mengidentifikasi keberhasilan dan kelemahan guru, identifikasi ketrampilan-ketrampilan mengajar yang perlu ditingkatkan, serta gagasan-gagasan baru yang akan dilakukan.

Supervisi di madrasah dapat diartikan sebagai kegiatan pengawasan yang dilakukan kepala madrasah terhadap jajarannya untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik, sesuai dengan tugas yang telah digariskan. (Erna)

Dibaca : 66 kali

0 Komentar