30 Juli 2017

Jamaah Haji Kloter 2 Siap Diberangkatkan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

HUMAS KEMENAG SOPPENG - Jamaah kloter 2 (Soppeng, Bantaeng, Makassar) Embarkasi Hasanuddin Makassar siap diberangkatkan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu malam (29/7/2017).

Sebelumnya, para Jamaah menerima penjelasan tentang keselamatan penerbangan dari pihak PT. Garuda Indonesia serta sambutan pelepasan oleh Pejabat PPIH Embarkasi Makassar, Drs. H. Iskandar Fellang, M. Pd.

Perwakilan PT. Garuda Indonesia menekankan pentingnya memperhatikan keselamatan dalam penerbangan. Menurut ketentuan penerbangan internasional yang dianut Garuda, jamaah hanya diperbolehkan membawa satu tas tentengan yang dibagikan dari PT. Garuda dan tas kalung untuk menyimpan dokumen penting jamaah, serta satu koper dengan berat maksimal 32 kg.

"Barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat adalah benda tajam dan benda yang gampang meledak. Sementara benda cair seperti sabun cair, shampo dan handbody yang dapat dibawa ke dalam pesawat beratnya maksimal hanya 100 ml/mg" jelasnya.

Meski Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah melakukan sosialisasi mengenai barang bawaan, ternyata masih ditemukan jamaah yang melanggar dengan membawa barang melebihi ketentuan yang akan berdampak pada keselamatan penerbangan.

H. Iskandar Fellang selaku Pejabat PPIH Embarkasi Makassar dalam sambutan pelepasannya menitipkan beberapa harapan dan pesan kepada seluruh Jamaah haji kloter 2 Embarkasi Hasanuddin Makassar termasuk mengharapkan seluruh jamaah agar memperbaiki niat semata mengharap ridho dari Allah SWT, bukan untuk kepentingan duniawi.

Kemudian mantan Kepala Kantor Kemenag Kab. Soppeng itu juga mengharapkan agar seluruh jamaah kloter 2 dapat menjaga kekompakan, saling membantu dan saling menolong, serta menjaga nama baik Negara dan Bangsa Indonesia selama berada di tanah suci.

Pelepasan jamaah ditandai penyerahan Bendera Merah Putih dari PPIH Embarkasi Makassar didampingi Bapak Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak kepada Ketua Kloter 2. Setelah itu, satu persatu jamaah dipanggil oleh petugas Imigrasi untuk diberikan paspor dan langsung naik ke mobil bus menuju Bandara.

Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak dan Kakan Kemenag Soppeng H. Huzaemah, Kabag Adm Kesra Setda Soppeng A. Risga Sarwaty juga turut hadir menyaksikan proses pelepasan dan pemberangkatan jamaah kloter 2 ini. (AFR/arf)

Dibaca : 71 kali

0 Komentar