13 Oktober 2017

Kasubag TU Kemenag Sinjai Jadikan Penyuluh Agama Sasaran Tombak

Tellulimpoe, (Inmas Sinjai) - Sosialisasi Prosedur pendaftaran haji dan dan Pembinaan terhadap jemaah haji tahun 2017 M / 1489 H yang berlangsung di Aula Kantor Urusan Agama Kec Tellulimpoe yang di hadiri Pembantu PPN,Penyuluha Agama Fungsional PNS dan NON PNS,Tokoh Agama Kamis(12/10) Ini merupakan rangkaian acara sosialisasi yang dilaksanakan Kantor Kementerian agama Kabupaten sinjai bagian Penyelenggara Haji & Umrah acara tersebut di buka secara resmi oleh kepala subbag TU H.Roslan mewakili kakankemang sinjai didampingi Kepala kantor urusan agama kec.tellulimpoe H.Muhammad Umar bersama PHU kemenag sinjai H.Syamsul Bakhri

Kasubag TU dalam membuka sosialisasi ini menegaskan tentang penyelenggaraan ibadah haji pada perubahan yang lebih baik terkait dengan pendaftaran haji maupun pembatalan penyelenggaraan ibadah haji regular. Oleh karena itu di perlukan pengelolan menejemen yang baik supaya masyarakat tidak salah langka dalam proses ibadah haji. apalagi sekarang sudah menggunakan system yang lebih cangih yaitu dengan menggunakan system aplikasi SISKOHAT.

Lanjut Kasubag TU mengatakan Penyuluh Agama Islam Fungsional menjadi ujung tombak dalam memberikan pembinaan, penyuluhan dan bimbingan haji di tingkat kecamatan Dengan memberdayakan penyuluh fungsional melalui pengajian , majelis taklim, desa binaan dan sebagainya akan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyelenggaraan ibadah haji. Penyuluh Agama Fungsional mempunyai peran yang strategis dalam rangka mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang keagamaan salah satunya yaitu pemahaman terhadap bimbingan manasik haji.

Penyuluh Agama Islam Fungsional sebagai corong dalam penyelenggaraan ibadah haji, karena penyelenggaraan ibadah haji menjadi tugas nasional maka tidak hanya melibatkan Kementerian Agama saja akan tetapi juga memaksimalkan penyuluh fungsional yang ada di Kecamatan,Pada kesempatan yang sama Kepala Sub Bag Tu mengatakan hakekatnya haji mabrur dan mabruroh dapat diukur oleh diri sendiri. Menjadikan perubahan yang lebih baik setelah pulang haji.
Perubahan itu jelas kelihatan dengan tingkah laku keseharian. Lebih jelas bisa membedakan mana yang hak dan mana yang bukan hak kita,” ucapnya.

Beliau Juga berpesan untuk menjaga kemabruran haji yakni dengan perbanyak mendekatkan diri kepada Allah. “Harus lebih sabar, seorang haji harus lebih peka dengan lingkungan sekitar, bisa menempatkan diri pada posisi yang lebih baik, pakaian juga harus bisa menyesuaikan dengan keberadaan sesorang yang sudah bergelar haji,

Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi Haji khususnya berkenaan dengan proses dan Persyaratan Pendaftaran Haji, sehingga tatkala masyarakat membutuhkannya atau ingin mendaftar Haji mereka sudah mengetahui prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi dan dilakukan serta bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum datang mendaftar ke Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Hal ini tentunya akan membantu kelancaran proses pendaftaran Haji yang dilaksanakan di Kementerian Agama Kabupaten sinjai.Hal tersebut disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemang sinjai dalam kegiatan Sosialisasi Prosedur Pendaftaran Haji & Bimbingan Pasca Haji Tahun 2017 Kecamatan Tellulimpoe.(Fay/Arf)

Dibaca : 41 kali

0 Komentar