10 November 2017
Persemian Taman Kolam Ikan  MTs.S. Al Falah Arungkeke Jeneponto

Persemian Taman Kolam Ikan  MTs.S. Al Falah Arungkeke Jeneponto

 Arungkeke (Humas-Jeneponto) Kamis, 09 November 2017, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto yang diwakili oleh Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Rahmawati Aspar, S.Pi meresmikan Taman Kolam Ikan MTs Al-Falah Arungkeke.  Acara Peresmian tersebut yang disaksikan langsung oleh kepala MTs Al-Falah Arungkeke, Ketua Tim Adiwiyata madrasah sekaligus Wakamad Kesiswaan, wakamad Kurikulum, Sapras dan Humas dan beberapa guru serta staf madrasah yang sempat hadir pada saat itu.

Selain meresmikan penggunan taman dan Kolam Kabid Rahmawati Aspar, S.Pi juga menyerahkan bantuan tempat sampah yang dapat digunakan untuk memindahkan sampah di halaman madrasah ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Beliau mengapresiasi kebersihan lingkungan madrasah yang selalu terjaga serta kegigihan kepala madrasah untuk membangun taman kolam ikan di madrasah meski dengan budget yang terbatas namun mampu merangkul mitra hal ini Ikatan Alumni Al-Falah untuk mendukung program madrasah hingga pembuatan salah satu komponen penting madrasah adiwiyata ini selesai.

 Wakamad Kurikulum yang juga sekaligus guru IPA MTs Al-Falah Arungkeke menjelaskan kepada ibu kabid bahwa Taman Kolam Ikan yang dikelilingi dengan tanaman yang hijau dengan bunga – bunga yang indah selain mampu memberikan semangat baru bagi warga madrasah juga CO2 atau Karbondioksida hasil dari gas buang kendaraan dapat diserap oleh tanaman. Beberapa jenis tanaman tertentu mampu menyerap CO2 untuk proses pembakarannya. Halaman madrasah kita juga akan berkurang tingkat polusi udaranya dan membuat area madrasah terasa lebih sehat. Tanaman di madrasah akan membuat para warga madrasah mendapatkan pasokan oksigen tambahan karena tanaman tersebut mampu menghasilkan oksigen sebagai hasil proses fotosintesis di siang hari. Banyaknya oksigen akan membuat suasana madrasah terasa lebih sejuk dan segar. Aktivitas belajar sehari – hari yang mungkin kadang membosankan dapat diredakan dengan melihat berbagai tanaman hijau atau tanaman bunga di halaman madrasah sambil berdiskusi dengan teman maupun rekannya. Dengan demikian, rasa suntuk pasti akan hilang seketika dan pikiran menjadi segar. Apalagi jika di taman tesebut memiliki kolam ikan yang indah. Ibu Kabid membenarkan penjelasan ini dan menambahkan dihadapan rekan guru lainnya tentang Manfaat lain dari elemen taman kolam ikan ini adalah menambah kesejukan di dalam lingkungan madrasah khususnya daerah panas Arungkeke atau Jeneponto pada umumnya, bahkan dengan penataan yang tepat akan tercipta sebuah inspirasi tanaman dan kolam peredam suara. Selain untuk terapi mata, suara gemericik kolam ikan membuat kita nyaman dan membuat suasana madrasah menjadi lebih adem,  membuat udara di madrasah menjadi sejuk karena air dalam kolam bersirkulasi dan menggantikan panas udara. (Lira/Fhr)

Dibaca : 51 kali

0 Komentar