28 November 2017
Pramuka Penggalang Gudep 429-430 MTs N 3 Enrekang Terjun di Pasar Maroangin   

Pramuka Penggalang Gudep 429-430 MTs N 3 Enrekang Terjun di Pasar Maroangin  

Enrekang, (Humas MTsN 3 Enrekang) -  Sebanyak 65 anggota pramuka penggalang gudep 429-430 MTsN 3 Enrekang terjun ke pasar Maroangin untuk kerja bakti dalam rangka gerakan "Jumat Bersih" , Jumat (24/11/17) sore. Kegiatan itu bertujuan untuk mengajarkan kepada anggota pramuka MTs N 3 Enrekang tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memupuk rasa persaudaraan dan sifat gotong royong yang dewasa ini sudah mulai terkikis oleh zaman.

Pembina Pramuka MTs N 3 Enrekang, Indrawati Natsir, S.Pd. menegaskan bahwa" kegiatan ini merupakan rutinitas bulanan gerakan pramuka di madrasah ini yang sudah berlangsung selama 2 bulan dan Insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut,". Kerja Bakti ini, kata Bu Indra, sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya. Yang sebelumnya dilakukan di Masjid Baburrahim Maroangin. “semoga saja apa yang anak-anak kami lakukan ini, membantu mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas sampah terutama sampah plastik, dan memberikan contoh pada masyarakat untuk memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan,” sebut Bu Indra.

Diungkapkan pula, nantinya bukan hanya masjid dan pasar saja yang akan dibersihkan, tapi juga tempat-tempat umum lainnya yang ada di Maroangin khususnya. “Bersama pembina dengan 65 anggota pramuka,  personil kelompok pedagang dan anak-anak yang berada di sekitaran pasar, juga ikut mendukung dan ikut serta dalam kegiatan Jumat Bersih sore ini," kata Bu Indra.

Mirna, Anggota pramuka penggalang dari MTs N 3 Enrekang mengaku senang bisa ikut serta dalam kegiatan Jumat Bersih membersihkan pasar sore itu. Dia mengaku ini kali pertama ia ikut dalam kegiatan seperti itu.  “Baru pertama, dan saya sangat senang, bersama teman-teman dan yang lainnya memungut sampah," ujarnya.

Anggota pramuka lainnya, Jufri, mengaku semula kaget saat pertama kali melihat kondisi pasar. Namun, dia mengaku senang bisa kerja bakti bersama membersihkan pasar. “waktu saya liat pertama,  saya kaget karena terlalu banyak sampah yang berserakan, tapi setelah ikut membantu akhirnya senang,  bisa bercenda sambil bekerja bersama teman-teman,” ucapnya dengan dialeg maroangin yang sangat kental.

Kerja Bakti yang melibatkan anak-anak pramuka penggalang MTs N 3 Enrekang dan dibantu beberapa pedagang dan anak-anak sekitar lokasi pasar  sangat dihargai oleh Wa' Turi, salah satu pedagang pasar Maroangin. Menurut dia, kebetulan tidak ada petugas kebersihan pasar, jadi dengan adanya kegiatan ini, "Alhamdulillah pasar sekarang menjadi bersih, akhirnya antara pembeli dan pedagang lebih nyaman,"ujarnya. (Vaa/bob/arf)

Dibaca : 274 kali

0 Komentar