12 Januari 2018
Peringatan Maulid Tingkat Kecamatan Maiwa Hadirkan Cinta Rasulullah

Peringatan Maulid Tingkat Kecamatan Maiwa Hadirkan Cinta Rasulullah

Enrekang, (Humas Enrekang) - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kecamatan Maiwa dipusatkan dilapangan Langsa Gaga Maroangain pada kamis (11/01/18). Peringatan maulid dihadiri langsung oleh Bupati Enrekang, Kakan Kemenag Enrekang, Ketua PKK Enrekang, Camat Maiwa, Kepala KUA Maiwa, Kepala Desa, serta seluruh undangan yang sempat hadir.

Adapun yang membawakan hikmah Maulid yakni DR. KH. Muhammad Ruslan Wahab, M.A. dengan tema “Mendidik Jiwa, Memupuk Akhlak Mulia, Menggenggam Bahagia, Meraih Cinta Rasulullah SAW”.

Peringatan Maulid merupakan salah satu cara untuk mengingat umur kita dimana perjalanan waktu terkadang sangat singkat kita rasakan. Sesuai denga teman maulid yakni meraih cinta rasul tentu ada syaratnya. Apakah kita sudah mengenal rasul karena melalui itu kita bisa merasakan cinta kepada rasul.

Orang yang tidak memiliki rasa cinta tentu tidak bisa mencintai kepada orang lain lebih lagi cinta kepada rasul. Maka dari itu perlu memupuk rasa cinta dalam diri kita sehingga kita dapat mencintai rasul.

Selanjutnya Muhammad Ruslan Wahab mengatakan bahwa Ketika kita ingin mengenal Rasululla tentu harus mengenal melalui dari biologisnya dalam artian dirunut dari orang tuanya.  Lalu langkah kedua ketika ingin mengenal Nabi Muhammad seperti yang dilakukan pendeta Bahira melalui keilmuan dalam artian beliau mengenal Nabi Muhammad melalui pengetahuan karena Nabi Muhammad sudah disebut dalam kitab kitab terdahulu. Model yang ketiga mengenal Nabi  Muhammad seperti yang dialami Ummu Salama ketika Nabi tidur beliau berkeringat dan Ummu Salama membasuh badan Nabi karena menurut Ummu Salama meyakini keringat Nabi merupakan berkah dan Ummu Salama meminumkan keringat Nabi kepada anak Ummu Salama.

Ketika ingin mengenal dan mencintai Rasululla Muhammad SAW ada cara yang dapat kita lakukan yakni menanamkan sifat sifat Rasul kedalam diri kita sehingga bisa mengikuti apa yang dilaksanakan Rasulullah dalam kehidupan keseharian kita. Diujung ceramahnya Muhammad Ruslan Wahab mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk tidak melakukan peringatan maulid karena memperingati maulid merupakan salah satu bukti kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW. (bob/arf)

Dibaca : 98 kali

0 Komentar