18 Januari 2018
Peringatan Maulid di SMKN 3 Parepare

Peringatan Maulid di SMKN 3 Parepare

Parepare, (Parepare Humas) –  Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Muhammad Idris Usman mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Negeri 3 Parepare dan sekaligus diberikan amanah untuk membawakan hikmah maulid.(16/1/18)

Adapun tema maulid yang diusung dalam pelaksanaan maulid tersebut adalah “Meningkatkan Ukhuwah dan Akhlakul Karimah”. Hikmah maulid yang disampaikan oleh Muhammad Idris Usman berjudul Ma-Ju (Malu dan Jujur) atau bahasa Bugis disebut Siri' sibawa Lempu'. Kedua sifat ini merupakan sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW pada saat ini telah mengalami pergeseran nilai.

“Sifat malu dan jujur selain diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW juga diajarkan oleh leluhur orang Bugis Makassar. Nenek Mallomo misalnya, seorang Penasehat Kerajaan Sidenreng mengajarkan prinsip "Lempu' sibawa Deceng Kapang" (kejujuran dan berprasangka baik) dalam membangun kerajaan Sidenreng. Demikian pula La Mellong atau lebih dikenal dengan Kajau Laliddong ketika ditanya oleh Raja Bone, "aga appongenna yaro accae", dia menjawab, "naiyya appongenna yaro accae yanaritu lempue". Aga appongenna yaro accae (Apakah sumber dan hakikat kecerdasan itu?) La Mellong menjawab: Naiyya appongenna yaro accae yanaritu lempue (Sumber dan hakikat kecerdasan itu adalah kejujuran). Jadi, kecerdasan itu tidak diukur dan dinilai berdasarkan jabatan, kekayaan, kebangsawanan, dan juga bukan gelar akademik yang dimiliki oleh seseorang, tetapi kecerdasan itu bertitik tolak pada kualitas kejujuran seseorang” urai Ustadz Muhammad Idris Usman dalam hikmah maulidnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Itu dilaksanakan oleh pengurus OSIS yang dikoordinir oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK Negeri 3 Parepare dilaksanakan di halaman sekolah dengan dekorasi yang indah. Hadir pada acara itu segenap keluarga besar SMA Negeri 3 Parepare yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Para Guru dan Siswa serta Pengurus Komite SMK Negeri 3 Parepare.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan serah terima Jabatan Kepala SMK Negeri 3 Parepare dari Bapak Tahir Mangaru kepada Ibu Hj. Andi Raehana R. dan dilanjutkan pemberian cinderamata.(miu/umy/arf)

Dibaca : 245 kali

0 Komentar