18 Januari 2018
KASI PAIS KEMENAG PAREPARE APRESIASI MAULID NABI DI PONTREN AL MUNAWWARAH

KASI PAIS KEMENAG PAREPARE APRESIASI MAULID NABI DI PONTREN AL MUNAWWARAH

Parepare, (Parepare Humas) – Kepala Seksi PAIS (Pendidikan Agama Islam) mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare, Rabu, 17 Desember 2018 yang dilaksanakan atas kerjasama Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare dengan Majelis Taklim Darul Hadits beserta masyarakat yang berada di lingkungan sekitar Pondok Pesantren.

Dalam sambutannya, Kasi PAIS Kemenag Parepare menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Munawwarah dan jajaran karena Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan dengan melibatkan secara aktif masyarakat di sekitarnya khususnya Majelis Taklim Darul Hadits.

Lebih lanjut, Kepala Seksi yang berpendiikan S3 ini mengatakan bahwa hal ini mengindikasikan bahwa Pondok Pesantren Al-Munawwarah bukan lagi pesantren yang eksklusif alias menara gading tetapi sudah mereduksi tugas utama Pondok Pesantren yakni lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat (indingenous) pada masyarakat muslim Indonesia. Dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya (survival System) serta memiliki model pendidikan multi aspek. Santri tidak hanya dididik menjadi seorang yang mengerti ilmu agama, tetapi juga mendapat tempaan kepemimpinan yang alami, kemandirian, kesederhanaan, ketekunan, kebersamaan, kesetaraan, dan sikap positif lainnya.

Acara Maulid ini dihadiri oleh Walikota Parepare diwakili oleh Asisten I Bidang Ekonomi, Pemerintah, dan Kesra, Ketua FKUB yang juga Ketua BAZNAS Kota Parepare, Drs. KH. Moh. Djunaid AR., M.Ag., dan beberapa Pejabat DPD GUPPI Kota Parepare.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Pendidikan Madrasah, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Penyelenggara Syariah, dan Para Pengawas, dan beberapa staf di lingkungan Kantor Kemenag Kota Parepare.

Pembacaan Barazanji yang merupakan cirri khas maulid dipimpin langsung Pimpinan Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare, Drs. KH. Abd. Shafatiarah, yang juga adalah Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Parepare dan uraian Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dibawakan oleh Al-Mukarram Dr. KH. Abd. Rahim Arsyad, Direktur Program Pascasarjana STAIN Parepare dan juga Pimpinan Pondok Pesantren DDI Lil-Banat Ujung Lare Kota Parepare. (miu/umy)

Dibaca : 1744 kali

0 Komentar