13 Maret 2018
Raker Bidang PHU, Optimistis Indeks Kepuasan Jemaah Lebih Baik

Raker Bidang PHU, Optimistis Indeks Kepuasan Jemaah Lebih Baik

Sudiang, (Inmas Sulsel) - Salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji, jika tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk itu, diperlukan pengawasan, dan evaluasi yang menyeluruh terhadap penyelenggaraan ibadah haji, sehingga Indeks kepuasan jemaah (IKJ) akan lebih baik.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Abd. Wahid Thahir mengungkapkan hal itu, dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja (Raker) Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin 12 Maret 2018.

Menurut Kakanwil, pengawasan dan evaluasi yang dimaksudkan adalah bagaimana penyelenggara haji melakukan pengawasan yang menyeluruh, dan berkesinambungan terhadap pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji, serta mampu memahami dan melaksanakan regulasi-regulasi atau aturan-aturan tentang perhajian.

Kakanwil pada Raker yang mengambil tema Wujudkan Integritas, Profesionalitas dan Inovasi yang Lebih Baik Menuju Indeks Kepuasan Jemaah (IKJ) 85 persen, mengaku, pihaknya optimis dan berharap indeks kepuasan jemaah tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu 84,85 menjadi 85,00 persen pada tahun ini.

Untuk semua itu juga, Kakanwil mengimbau agar pelayanan menjadi nomor satu dalam penyelenggaraan haji, serta tidak melayani kegiatan yang akan berpengaruh terhadap munculnya hal-hal yang tidak diinginkan. Terkait petugas haji, Kakanwil meminta, agar mereka yang menjadi petugas haji adalah yang punya kompetensi, profesionalitas dan manajerial.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, H Kaswad Sartono melaporkan, Raker yang diselenggarakannya guna merumuskan kebijakan teknis menjelang penyelenggaraan haji, dan mengidentifikasi hal-hal baru yang terkait dengan pengembangan kualitas pembinaan, pelayanan, dan perlindingan jemaah.

Niat pelayanan haji yang terbaik, kata Kabid PHU, sangat berpengaruh terhadap peningkatan IKJ, dan ini adalah konsekuensi untuk menjadikan Sulsel yang terbaik di Indonesia.

Raker diikuti para kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se Sulsel, para kasi/penyelenggara haji Kemanag Kab/Kota, para pejabat dan staf Bidang PHU, turut hadir sejumlah pengurus KBIH dan pengelola perjalanan haji dan umrah. (dir/arf)

Dibaca : 2010 kali

0 Komentar