03 Mei 2018
PENYULUH AGAMA ISLAM “MASUK” LAPAS

PENYULUH AGAMA ISLAM “MASUK” LAPAS

Sungguminasa (Inmas Gowa) – Sekilas ketika kita berbicara tentang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), maka yang akan muncul dalam benak kita adalah tempat bagi orang – orang yang tersangkut persoalan hukum. Namun para penghuni lapas juga membutuhkan perhatian dan bimbingan dari berbagai pihak, sehingga apabila telah selesai menjalani proses hukumnya dapat kembali kemasyarakat dan tidak mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum.

Sebagai bentuk kepedulian dan pembinaan, maka Lapas Narkotika Klas IIA Sungguminasa yang terletak di Bollangi Kec. Pattallassang Kab. Gowa rutin melakukan pembinaan dengan mengundang penceramah. Seperti yang terlihat pada hari ini, Rabu (2/5) salah satu Penyuluh Agama Islam Kemenag Kab. Gowa Ust. Japaruddin masuk lapas untuk memberikan pencerahan qalbu bagi penghuni lapas. Hadir pada kegiatan tersebut, pegawai lapas dan penghuni (tahanan) Lapas.

Dalam ceramahnya, Ust Japaruddin menyampaikan tentang bagaimana mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, maghfirah, bulan diturunkannya Al Qur’an, bulan yang didalamnya terdapat Lailatul Qadr. Persiapan yang dimaksud bukan hanya menunggu datangnya bulan Ramadhan, akan tetapi mempersiapkan diri untuk bekal menyamput ramadhan.

Ust Japaruddin menambahkan ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan yakni : Persiapan Ruhiyah dengan meningkatkan ibadah, persiapan jasadiyah yakni mempersiapkan fisik, persiapan Maliyah yakni mempersiapkan harta untuk keperluan berbuka, berzakat dan sedekah, serta persiapan fikriyah yakni persiapan wawasan atau memperdalam ilmu agama. Diakhir ceramahnya, tidak lupa Ust Japaruddin berdoa agar semoga persiapan kita semua dapat mengantarkan ibadah shaum dan berbagai ibadah lainnya sebagai yang terbaik dalam sejarah Ramadhan yang pernah kita lalui. (dnb/MF)

Dibaca : 4010 kali

0 Komentar