31 Agustus 2017
MIN 1 Bulukumba terima Sosialisasi Kanker

MIN 1 Bulukumba terima Sosialisasi Kanker

Bacari, ( MIN 1 Blk) -  MIN 1 Bulukumba pada  Rabu, (30/08/2017) menerima kunjungan Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) untuk melakukan Sosialisasi tentang bahaya kanker dan tumor. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya Guru MIN 1 Bulukumba akan bahaya Kanker dan tumor.

Berdasarkan data dari berbagai Rumah Sakit , terjadi peningkatan signifikan penderita kanker dan tumor setiap tahun. Sementara, masyarakat baru memeriksakan dirinya ke dokter ketika terjangkiti penyakit ini itupun setelahmencapai stadium lanjut. Ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang diterima oleh masyarakat tentang penyakit kanker dan tumor.

Koordinator Bidang kurikulum Nasrun, S.Pd.MM  Mengungkapkan Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya guru MIN 1 Bulukumba untuk mengetahui bagaimana cara mengenali gejala Kanker serta cara mencegahnya.

Konsultan YSKI Nurfadillah, S. Kep. Ns menjelaskan bahaya kanker dan tumor. perempuan asal Bima, NTB ini mengatakan bahwa Kanker dapat dicegah dan dideteksi keberadaannya sejak dini. Mengenali Kanker melalui Deteksi, mengenali tanda dan bahaya serta penyebabnya sanagat penting diketahui masyarakat.

Nurfadillah  menambahkan pancegahan penyakit ini  dapat dilakukan dengan dua cara pertama,  Cara luar yaitu dengan membiasakan Konsumsi makanan sehat, Hindari makanan berlemak tinggi, dan olahraga secara teratur .Kedua, Cara dalam yaitu melalui suntik imunisasi selama 3 bulan, konsumsi tumbuh-tumbuhan alami seperti Sirsak, Keladi Tikus,  dan Temu Putih.

Pada kesempatan ini, YSKI juga memberi fasilitas bibit gratis (Temu Putih) kepada MIN 1 Bulukumba. “Apabila ada masyarakat yang menderita penyakit pembunuh nomor 1 ini khususnya masyarakat kurang mampu, akan diberikan dana bantuan oleh YSKI”Terang Konsultan YSKI ini. (asr/arf)

Dibaca : 128 kali

0 Komentar