11 Juli 2018
Rakor dan Pelantikan PPIH Embarkasi Makassar

Rakor dan Pelantikan PPIH Embarkasi Makassar

Makassar, (Humas Sulsel). Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1439 H / 2019 M., di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin-Selasa (9-10 Juli 2018).   

Rakor dibuka Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri (PHDN) Ahda Barori, hadir Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel H. Iskandar Fellang, Kabid PHU H. Kaswad Sartono, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar H. Muhammad Nasir. Rapat diikuti peserta utusan Kepala Kemenag Kab/Kota se Sulsel, para Kasi/Penyelenggara Haji Kab/Kota se Sulsel, Kabag Kesra Kab/Kota se Sulsel, serta unsur terkait lainnya.

Menurut Direktur PHDN, saat ini Kemenag tengah melakukan persiapan terkait penyelenggaraan haji tahun ini. ‘’Pada musim haji ini, kita tentu melakukan persiapan sebaik-baiknya,  dan semua bertekad menyelenggarakan kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji, tanpa hambatan dan kendala yang berarti,’’ ujar Ahda Barori.

Dikatakan, saat ini Kemenag tengah fokus program dalam mempersiapkan visa jemaah haji, bagaimana strategi pelayanan di tanah air (di asrama haji), pelayanan di tanah suci,  serta pelayanan secara keseluruhan termasuk pelayanan di Armina (Arafah-Mina). Juga terkait kebijakan makan jemaah, dimana tahun ini jumlah makan jemaah ditambah menjadi  18 kali makan di Madinah,  dan 40 kali makan di Makkah.

Kabid PHU melaporkan kesiapan pemberangkatan jemaah haji embarkasi Makassar terus dilakukan. Beberapa persiapan itu  serperti pengimputan visa,  persiapan asrama haji dan panitia,  serta koordinasi dengan Kemenag dan bagian Kesara Kab/kota se Sulsel, dalam hal pemberangkatan jemaah dari daerah ke asrama haji.

PPIH

Usai pelaksanaan Rakor, berlangsung Pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Hasanuddin Makassar, Selasa (10/7) di Asrama Haji Sudiang Makassar. Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan  H. Tau Toto Tana Ranggina mewakili Gubernur, melantik PPIH Embarkasi Makassar 1439H/2018M.

Direktur PHDN Ahda Barori turut menyaksikan pelantikan PPIH Embarkasi Makassar, hadir Plt.  Kakanwil Kemenag Sulsel, H Iskandar Fellang, beberapa pejabat dari instansi terkait seperti dari pihak kepolisian, imigrasi,  beacukai, kesehatan pelabuhan,  Biro Kesra Pemprov Sulsel dan pejabat Kanwil Kemang Sulsel.

Pelaksana Tugas Sekada dalam arahannya meminta panitia agar betul-betul menjalankan tugas/amanah dengan sebaik-baiknya. ‘’Bagi jemaah haji kita,  dengan berbagai latar belakang yang bebeda dan ilmu pengetahuan yang beragam,  serta pengalaman yang berbeda-beda,  menuntut pelayanan yang serba kompleks dan baik.

‘’Oleh karena itu panitia berkewajiaban memberikan pelayanan kepada jemaah tanpa harus membeda-bedakan jemaaah satu dengan yang lainnya,’’ ucapnya.

Usai pelatikan PPIH dilanjutkan dengan penijauaan menu makanan jemaah haji di pesawat. Meal test yang disiapkan  pihak Garuda ini,  terdapat beragam menu dan minuman yang sajiannya juga tidak jauh berbeda dengan menu-menu  tahun sebelumnya. (dir)

 

Dibaca : 81 kali

0 Komentar