12 Juli 2018
Pernikahan di rumah Kasi PD Pontren, H. Irman Membawakan Khutbah Nikah

Pernikahan di rumah Kasi PD Pontren, H. Irman Membawakan Khutbah Nikah

Pangkajene, (Inmas Sidrap) - Sebuah kegiatan pernikahan diadakan di rumah Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama H. Muslimin Muchtar, S.Ei.,ME yang terletak di Jalan Ganggawa Pangkajene, Kamis (12/7/2018).

Kepala Kantor Kementerian Agama H. Irman, S.Ag.,M.Si diundang secara hormat untuk membawakan khutbah nikah di pesta pernikahan tersebut didampingi langsung oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Aqidah Irman.

Dalam khutbahnya, beliau berpesan kepada kedua mempelai dan kepada seluruh keluarga empat hal yang sangat penting dimiliki dalam rumah tangga yaitu Kaju, Waju, Aju, dan Aju-aju. Keempat hal tersebut merupakan bahasa Bugis yang menjadi istilah untuk orang-orang yang melakukan pernikahan.

Pertama, Kaju maksudnya seorang suami harus memberi makan keluarganya. Kedua, Waju adalah kewajiban seorang suami untuk memberikan pakaian kepada istrinya. Ketiga, Aju yaitu sebagai kepala rumah tangga sudah menjadi tanggung jawab kepada keluarganya untuk membangun rumah. Dan Keempat, Aju-Aju yaitu seorang suami harus memenuhi kebutuhan batin istrinya.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus kepada orang-orang yang ingin melangsungkan pernikahan dan menjadi bahan perhatian untuk dibina dengan baik dalam kehidupan berumah tangga. (Ajir/arf) 

Dibaca : 112 kali

0 Komentar