09 Agustus 2018
Pada Pengukuhan MGMP MTs, H. Hafid Tekankan Guru Madrasah Harus Seksi

Pada Pengukuhan MGMP MTs, H. Hafid Tekankan Guru Madrasah Harus Seksi

Sinjai (Inmas Sinjai)- Kepala Kantor Kementerian Agama KabupatenSinjai,  Drs. H. Abd. Hafid, M.AP meminta para guru madrasah untuk meningkatkan pelayananan dan profesionalisme sebagai tenaga pendidik dengan memiliki gaya “SEKSI.” Ini dikatakan Kakankemenag  dalam arahannya sesaat setelah mengukuhkam pengurus  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat  Madrasah Tsanawiyah se Kab. Sinjai, Kamis (9/8/18) bertempat di Aula Kantor Kemenag.

Seksi menurut Kakan Kemenag adalah guru harus Supel (pandai menyesuaikan), Elegan (luwes, penampilan menarik) kreatif (memiliki daya cipta), santun (sopan, baik budi bahasa dan prilaku) dan Inovatif (kemampuan untuk mendayagunakan ilmu dan keahliannya), jelas Hafid

Didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, serta pengawas Madrasah dan PAI, Hafid mengingatkan kepada para guru maupun pokjawas agar tidak melupakan tanggung jawab dan tugas pokok, agar benar-benar mampu memberikan muatan-muatan sesuai bahan ajar yang dipegang  setiap guru.

Apalagi kata Kakankemenag, MGMP merupakan wadah pemberdayaan dan peningkatan kompetensi guru dalam Implementasi Kurikulum Tahun 2018 serta merupakan sarana bagi para guru untuk memperluas wawasan dan pengetahuan guru.

Diakatakan H. Hafid, tanggung jawab seluruh guru Madrasah adalah tanggung jawab terhadap institusi dalam hal ini Kementerian Agama yang menetapkan keberadaan guru pada Madrasah dan tanggung jawab pribadi dalam memakmurkan Madrasah, jelasnya.

“Marilah kita tingkatkan profesionalitas dan disiplin, agar terjalin kerjasama yang baik antar madrasah dalam bertukar informasi, pengetahuan, ketrampilan, dan budaya kerja, demi peningkatan mutu pendidikan berlandaskan 5 Budaya Kerja Kementerian Agama,” tambahnya.

Hafid sangat berharap MGMP ini mampu meningkatkan pelayanan pendidikan bagi pendidik dan peserta didik, meningkatkan mutu layanan pendidikan, baik mutu kurikulum maupun bahan ajar, meningkatkan mutu dan daya saing lulusan MTs yang diukur dari apresiasi masyarakat terhadap Madrasah, dan pemberian akreditas Madrasah serta peningkatan kualitas manajemen madrasah dengan meningkatnya mutu tata kelola pendidikan.

Olehnya itu Kakankemenag berharap melalui MGMP tidak dijadikan hanya sekedar forum silaturahmi, namun bagaimana  menjadikan wadah ini sebagai tempat berbagi mulai dari materi soal sampai pada metode pembelajaran dengan menitipkan suatu prinsip ”Anda tidak perlu menjadi kuat seperti super hero, tapi anda hanya perlu menjadi lebih baik dari hari kemarin, kunci Hafid..(fat)

 

Dibaca : 2044 kali

0 Komentar