09 Agustus 2018
Kemenag dan FKUB Visitasi Ke Lokasi Masjid

Kemenag dan FKUB Visitasi Ke Lokasi Masjid

Soppeng (Inmas Soppeng) – Setiap pembangunan rumah ibadah harus terlebih dahulu memperoleh persetujuan dari Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama. Persetujuan akan diberikan setelah memenuhi beberapa persyaratan seperti syarat administrasi dan kelayakan pembangunan.

Kementerian Agama Kabupaten Soppeng bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pada hari Kamis (9/8/2018) mendatangi lokasi masjid Nahdatul Ummah Lamarung Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng untuk melakukan verifikasi sekaligus mediasi untuk memastikan tidak terjadi konflik intern umat beragama.

Tim verifikasi yang terdiri dari Ketua FKUB Kab. Soppeng Drs. H. Andi Agussalim Alwi, M. Si dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Soppeng Drs. H. Alibe, M. Ag juga selaku Sekretaris FKUB Kab. Soppeng ini diterima oleh Kepala KUA Kecamatan Marioriawa dan segenap masyarakat serta pengurus masjid Nahdatul Ummah.

Ketua FKUB Kab. Soppeng, A. Agussalim mengatakan, kami datang kesini dalam rangka melaksanakan tugas dari Pemerintah sesuai PBM Menag dan Mendagri Nomor 8 dan 9 Tahun 2006. Selain mengecek dokumen kelengkapan dan meninjau lokasi masjid Nahdatul Ummah, kami juga akan mendengarkan testimony atau pernyataan dari warga sekitar atas tidak keberatannya untuk dibangun masjid Asmaul Husna, ujarnya.

Sementara itu sekretaris FKUB Kab. Soppeng H. Alibe juga menambahkan bahwa sebelum mengeluarkan rekomendasi pendirian rumah ibadah harus mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) termasuk melakukan peninjauan lapangan.

“menjadi tanggung jawab FKUB dan Kemenag dalam mengeluarkan rekomendasi. Jangan sampai setelah dikeluarkan rekomendasi terjadi keributan atau penolakan dari warga, sehingga terjadi konflik” ujarnya. (afr)

Dibaca : 2091 kali

0 Komentar