07 Oktober 2017
ESKUL SENI TARI MA. PP. NURUL FALAH TAMPILKAN KEBOLEHAN DI PEMBUKAAN LDK OSIS

ESKUL SENI TARI MA. PP. NURUL FALAH TAMPILKAN KEBOLEHAN DI PEMBUKAAN LDK OSIS

Borongganjeng (MA PP. Nurul Falah) – Pada acara pembukaan LDK OSIS MA. PP. Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba, Eskul Seni bidang Tari, menyuguhkan penampilan menghibur dengan mempersembahkan kreasi tari di depan para peserta dan undangan.

Adapun tari yang dibawakan adalah tari padduppa yang  juga biasanya ditampilkan saat acara penyambutan. Tari yang dibawakan oleh empat orang tersebut, menonjolkan seni adat bugis makassar yang selalu mengedepankan budaya malu dan menghargai.

Tari padduppa sendiri berarti menyambut. Maksudnya, dilakukan untuk menghormati tamu. Itulah sebabnya di acara pembukaan acara seringkali dibawakan untuk menghormati para undangan. Uswatul Hasanah, koordinator bidang tari menjelaskan bahwa Tari Padduppa adalah tari yang wajib dikuasai oleh setiap anggota seni tari.

“Kita mewajibkan semua anggota seni tari untuk menguasai Tari Padduppa ini, agar setiap ada kegiatan tak perlu lagi membuang banyak waktu untuk latihan dari awal,” Jelasnya.

Muhajirah Yurdin, S.Pd sebagai pembina Tari, saat ditanya setelah penampilan para anggota seni tari menambahkan bahwa, Eskul Tari sendiri merupakan pengembangan dari mata pelajaran seni budaya. Selain untuk menyalurkan bakat siswa di bidang tari, Eskul ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya tari kedaerahan.

“Ada banyak budaya daerah yang bisa kita perkenalkan lewat tari. Salah satunya melalui Tari Padduppa ini. Kita ajarkan jenis-jenis tari seperti Nirmala, Empat Etnis, dan masih banyak lagi. Tapi, Tari Padduppa adalah Tari yang wajib dikuasai,” Terangnya.

Eskul Tari sendiri dijadwalkan setiap Rabu dan Sabtu Sore di MA PP. Nurul Falah, serta di hari Ahad sekali sebulan, bersamaan dengan Eskul-Eskul lainnya. (yh)

Dibaca : 1933 kali

0 Komentar