Minggu, 2 Desember 2012 – Pendis & Madrasah
Penutupan Rembuk Nasional Guru Madrasah

Makassar (Humas MAN 3 Mks). Bertempat di Hotel Banua Makassar, akhirnya acara Workshop Rembuk Nasional Guru Madrasah yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Acara yang telah berlangsung selama dua hari, sejak hari Jum’at tanggal 30 November hingga Ahad Tanggal 2 Desember 2012 ditutup secara resmi oleh Bapak Drs. H. Aceng Abd. Aziz, Kasubag TU Dir. Pendidikan Madrasah. Acara ini diikuti oleh 72 orang guru madrasah yang berasal dari 22 provinsi se-Indonesia.

Dalam sambutannya beliau beliau mengungkapkan bahwa rencana Perubahan Kurikulum di tahun 2013 itu harus disikapi secara positif oleh guru-guru madrasah karena perubahan itu adalah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, guru-guru madrasah harus senantiasa melakukan peningkatan kompetensi.

Beliau selanjutnya memberikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang telah mengikuti dan berpartisipasi dengan baik serta penuh semangat dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini memberikan sumbangsih positif, sehingga madrasah semakin eksis dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam usaha mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah.

Salah satu isu hangat yang dibahasa dalam acara rembuk ini adalah perubahan kurikulum PAI. Kementerian Agama melalui sebuah tim yang telah dibentuk kini sedang melakukan proses revisi atas Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 tentang SKL dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab di madrasah yang Insya Allah akan diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014.

Dari aspek struktur kurikulum, maka yang berubah adalah penambahan jam tatap muka pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan mata pelajaran Bahasa Arab dari 2 jam pelajaran menjadi 4 jam pelajaran di setiap tingkatan madrasah. Sementara itu, dari aspek konten materi, maka materi PAI akan dibuat lebih kontekstual dan sesuai dengan lingkungan peserta didik.(Muhirham/wardy)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.036274 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 592915
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.