Jumat, 1 Februari 2013, 02:15 – Pendis & Madrasah, Kankemenag
Pemerintah Australia Akan Bantu Madrasah di Gowa

Sungguminasa, (Pelaksana Humas Gowa). Madrasah Development Centre (MDC) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Block Grant SSQ C-3 dan Program Akreditasi Madrasah di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah swasta di lingkungan Kemenag Gowa dihelat pada hari rabu (30/01). Kepala Seksi Mapenda Kantor Kemenag Gowa, H. Abd. Rahman membuka acara secara resmi. Sebelumnya, Rahman juga menghadiri kegiatan yang sama di tingkat Provinsi.

Sosialisasi ini merupakan lanjutan kegiatan MDC di Indonesia. Di Sulsel, tiga Kabupaten yang terpilih yakni Kabupaten Gowa, Jeneponto dan Bulukumba.Sebelumnya, pada tahap I MDC menggelar kegiatan yang sama yang ditempatkan di tujuh provinsi di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Tampil sebagai narasumber, salah satu tim MDC Sulawesi Selatan, Dr. Ishak Samad. Ia memberikan pemaparan mengenai proses pemilihan madrasah yang akan mendapatkan dukungan dana dari Australia. Menurutnya, terdapat alur yang harus dipenuhi sebelum madrasah dapat diberi bantuan, seperti data nasional, seleksi provinsi dan kabupaten, nominasi, assesment, persetujuan (kemenag dan AusAID), verifikasi dan kontrak kerja. Jika memenuhi persyaratan, setiap madrasah akan mendapat bantuan dana sebesar 10.000 dollar Australia atau setara dengan Rp. 101.110.000 (baca: seratus satu juta sebelas ribu rupiah) (kurs, 1 Dollar Aus = Rp. 10.111)

Ishak juga menambahkan, bahwa pemerintah Australia tidak hanya memberi bantuan begitu saja, mereka tetap mendampingi penggunaan dan kegiatan peningkatan mutu pendidikan, sehingga bantuan betul-betul dapat bermanfaat.

MDC merupakan kerja sama antara Pemerintah RI dengan Australia dalam hal peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas. Salah satu program pendidikan terebut mendukung kementerian Agama dalam menerapkan kerangka strategis program akreditasi madrasah. Dalam penerapannya AUSAID membentuk School System and Quality (SSQ) komponen 3 dan Kemenag membentuk Unit Pelaksana Program Akreditasi Madrasah (UPPAM). (Idris Musi/wardy)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.147887 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 991128
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.