Jumat, 14 Juni 2013, 09:37 – Kankemenag
Kemenag Gowa Bahas Produk Halal

Sungguminasa, (Humas Gowa). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa melalui Penyelenggara Syariah melaksanakan Pembinaan Jaminan Produk Halal, Rabu (12/6) di Gedung Tumanurung Adi Jaya, Sungguminasa. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri atas Kepala KUA se-Kab. Gowa, Penyuluh Agama Islam Kemenag Gowa, staf pelaksana Layanan Produk Halal, perwakilan pengusaha makanan di Gowa, serta tokoh masyarakat. Sebagai narasumber, Kepala Kantor Kemenag Gowa, HM. Ahmad Muhajir AF, Ketua Majelis Ulama Kab. Gowa, KH. Abubakar Paka serta utusan dari LPPOM MUI Sulsel, Nurmayani. Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Gowa, H. Jamaris membuka acara ini secara resmi.

Kepala Kantor Kemenag Gowa dalam pemamparan materinya lebih banyak pada subtansi kebijakan pemerintah terhadap produk halal. Ia juga sedikit menyinggung beberapa kasus yang berkaitan dengan produk halal di kabupaten gowa.

Sementara itu Nurmayani menjelaskan bahwa semua produk apalagi dalam bentuk kemasan baik itu makanan, obat ataupun kosmetik harus mendapatkan sertifikasi dari LPPOM MUI. Ia juga menjelaskan alur dalam proses sertifikasi produk mulai dari pendaftaran perusahaan sampai pada penerbitan sertifikat produk halal. Pada sesi ini, para peserta sangat antusias mengikuti materi yang disajikan, hal ini terlihat pada banyaknya peserta yang ingin bertanya seputar sertifikat produk halal.

Lain lagi dengan materi yang dibawakan oleh KH. Abubakar Paka. Mantan Kepala Kantor Kemenag Kab. Gowa ini lebih banyak mengupas tentang kontaminasi haram pada produk halal. Menurutnya, karena terkontaminasi zat haram pada saat proses pembuatan, produk yang awalnya halal menjadi haram.” Mungkin minuman A halal, tapi pada proses pembuatannya terkontaminasi zat haram, jadilah ia haram”, katanya sambil memegang sebuah botol air mineral ukuran sedang. (IDM/wrd)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.068431 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 956132
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.