Senin, 25 Januari 2010 – Haji
Launcing Operasional Siskohat Kandepag Kabupaten/Kota se Sulsel

Makassar, Humas Sulsel (25/1). Mulai tahun ini, pengurusan haji akan dilakukan secara terpadu di kantor-kantor Kementerian Agama di tingkat Kabupaten/Kota. Hal ini ditegaskan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, melalui Direktur Pelayanan Haji Drs.H.Zakaria Anshar saat menyampaikan sambutan pada acara Launcing dan Peresmian Operasional Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kandepag Kab/Kota Online Provinsi Sulsel di Kandepag Kota Makassar, Senin (25/1).

Menurut Zakaria, mulai pengurusan paspor dan juga pembayaran di bank, tahun ini akan diupayakan dilaksanakan terpadu di kantor-kantor Kementerian Agama di tingkat kabupaten/kota. Tentunya ini akan sangat memudahkan calon jamaah haji dalam pengurusan paspor maupun pembayaran biaya haji, tandas Direktur.

Sebagai langkah awal, kata Zakaria, pihak Kementerian Agama sudah melakukan koordinasi dengan pihak Depkum HAM dan Imigrasi. Jadi pengurusan paspor dapat dilakukan di Kantor Kementerian Agama. Nanti ada petugas dari imigrasi yang datang ke kantor Kementerian Agama, tambahnya.

Direktorat penyelenggaraan haji dan umrah, katanya, terus berupaya melakukan pembinaan dan pelayanan kepada para calon jamaah haji, keterbatasan sarana dan fasilitas Kantor Imigrasi yang hanya berjumlah 108 kantor di Indonesia, akan sangat terbatas memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji.

Dikatakan Zakaria dari 468 Kandepag Kabupaten/kota di Indonesia, saat ini 246 di antaranya yang telah tersambung jaringan Siskohat online. Ke depan ujarnya, selebihnya diharapkan semua sudah bisa tersambung Siskohat online. Untuk itu kami mengharapkan agar aparat Kementerian Agama di Tingkat Kabupaten/Kota segera mengupdating data yang sesuai dengan formulir Imigrasi dan pihak bank, yang menjadi kebutuhan calon jamaah haji nantinya.

Sementara itu Gubernur Sulsel yang diwakili Drs.H.M.Arifin Daud meminta pihak Kementerian agama terus melakukan langkah penyempurnaan, baik dari sisi manjemen maupun operasional. Saya berharap agar pelayanan bagi calon jamaah haji terus ditingkatkan, kata gubernur.

Dia juga mengingatkan agat porsi atau kuota jamaah haji terus disosialisasikan kepada masyarakat. Apa-apa yang menjadi kebijakan Departemen Agama dalam hal kebijakan di bidang pelayanan haji, hendaknya terus mendapatkan sosialisasi.

Launcing dan peresmian Operasional Siskohat ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh gubernur Sulsel didampingi Dirjen PHU yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Haji, Drs.H.Zakaria Anshar, kakanwil Depag Sulsel Drs.H.Bahri Mappiasse, M.Ag, Kasubdit Pendaftaran Jamaah Drs.H.Cepi Supriatna. Hadir sejumlah bank penerima setoran dan para kakandepag kabupaten/kota se Sulsel.

Usai peresmian dilanjutkan dengan pengoperasian Siskohat Kandepag Kota Makassar yang tersambung secara online ke Kantor Imigrasi dan bank-bank penerima setoran yang ada. (dir)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.030008 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 582286
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.