Minggu, 10 Juni 2012 –
Peningkatan Pengelolaan PNBP NR yang Akuntabel dan Transparan

Enrekang, (Humas Sulsel). Pencapaian Laporan Keuangan dan Laporan Penggunaan Anggaran oleh Kementerian Agama di tahun 2012 ini akhirnya mencapai titik klimaksnya dimana predikat WTP (wajar tanpa pengecualian) telah disandangkan. Hal ini membuktikan bahwa kinerja Kementerian Agama sudah mendapatkan pengakuan nasional, khususnya mengenai Laporan Keuangannya.

Pencapaian ini tidaklah mudah karena membutuhkan kerja keras dan tak kalah penting dari itu adalah semangat reformasi dan perubahan paradigma insitusi menjadi faktor penentu didalamnya. Hal ini dipaparkan oleh Kepala Biro Keuangan dan BMN Pusat yakni bapak H. Achmad Fauzan H, SH, MA., pada saat acara pembukaan Orientasi Pengelolaan PNBP NR di lingkungan Kantor Kementerian Agama Prov. Sulsel (Jumat, 8/6/2012) di Makassar Golden Hotel.

Kegiatan yang diikuti peserta seluruh Kepala Seksi Urais, Bendahara Penerima NR dan Bendahara Kantor Kementerian Agama se-Prov. Sulsel ini, berlangsung selama 2 hari (8-9 Juni 2012), memang khusus mendatangkan para pakar dan ahli dari pusat (Dirjen Bimas Islam Kemnterian Agama RI dan Kementerian Keuangan RI khususnya yang bersinggungan langsung dengan urusan PNBP) diantaranya : Bapak Sulaimansyah (Kepala Subdirektorat peraturan dan pembinaan perbendaharaan II Direktorat Jenderal Perbendaharaan) yag membahas mengenai Mekanisme Penyetoran dan Pencairan PNBP atas biaya pencatatan Nikah dan Rujuk. Selanjutnya ada Kepala Sub Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak Kementerian Keuangan RI yang khusus memberikan penjelasan mengenai Pengelolaan PNBP pada Kementerian Agama. Dan kemudian Pemateri dari Programer Tim Pembanguna Aplikasi Target dan Realisasi PNBP Subdir TIP-Didektorat Sistem Penganggaran Dirjen Anggaran Depkeu RI yang mengajarkan tata cara penggunaan dan pemanfaatan Aplikasi Khusus PNBP. Serta pemateri dari Kementerian Agama Pusat yang mengelola khusus urusan PNBP NR, jelas bapak Kaswad Sartono (Kabid. Urais kanwil Kemenag Sulsel) selaku Panitia Pelaksana..

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan pola kerja dan pelaporan para pengelola PNBP di tingkat daerah (Kabupaten dan Kecamatan) di bawah naungan Kementerian Agama menuju akunabilitas dan transparansi anggaran. Yang lain adalah bagaimana forum ini bisa menjadi ajang sharing informasi antara pengelola PNBP di daerah denganProvinsi serta Pusat sehingga terbangun sinergitas diantara ketiganya, hal ini dikemukakan oleh Bapak Drs. H. Rappe, M.Pd, Kabag. TU Kanwil Kemenag Prov. Sulsel pada Sambutannya.

Kegiatan seperti ini diharapkan bisa berkesinambungan Tiap tahun, agar segala permasalahan di seputar PNBP NR sekecil apapun bisa diselesaikan dan disempurnakan pengelolaannya, hal ini juga untuk merespon dan mengapresiasi predikat WTP agar lebih bisa meningkat lagi ke level yang tertinggi, ujar Mawardi, S.Ag. salah seorang peserta Orientasi dari Kab. Enrekang. (wardi/dir)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.083781 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 808076
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.