20 Oktober 2017
Darmawati Amin Tekankan Pentingnya Kualitas Pada Monev di MI PP. Nurul Falah

Darmawati Amin Tekankan Pentingnya Kualitas Pada Monev di MI PP. Nurul Falah

Borongganjeng (MI PP. Nurul Falah) - Dalam lanjutan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Administrasi Pembelajaran yang kali ini bertempat di MI PP. Nurul Falah, Tim Supervisi Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba, kembali memberikan pengarahan kepada guru MI PP. Nurul Falah.

Darmawati Amin, S.Ag, M.Pd.I, salah seorang pengawas dari Tim Supervisi, memberikan pengarahan tentang pentingnya kualitas dalam menerapkan apa saja yang direncanakan dalam prangkat pembelajaran.

"Sebetulnya, perangkat pembelajaran itu baru dikatakan baik ketika berhasil diterapkan dengan sempurna. Ya tentunya kita membutuhkan kualitas pengajaran dalam hal ini," ucap Darmawati menjelaskan.

Adapun langkah yang dianjurkan untuk mencapai kualitas tersebut adalah, memprogramkan materi pembelajaran yang benar-benar bisa diterapkan di Madrasah, sesuai kurikulum.

"Kita bisa saja menulis apapun untuk melengkapi perangkat pembelajaran, yang penting sesuai aturan. Tapi kalau yang kita kejar kualitas, tentu kita tidak asal tulis. Kita akan benar-benar merencanakan apa yang bisa kita terapkan," tambah Darmawati.

Karena begitu pentingnya kulitas dalam pembajaran, Darmawati juga menyarankan agar guru bisa mengevaluasi Perangkat Pembelajaran sendiri. Tujuannya, agar setiap perencanaan dalam pembelajaran bisa terus dikembangkan.

"Kami dari tim Supervisi sebenarnya cuma mengevaluasi secara umum, tidak setiap hari. Yang tahu betul materi pembelajaran yang ingin disampaikan, tentu guru itu sendiri, kita hanya mengoreksi, jadi lebih baiknya jika sering-sering mengadakan evaluasi," jelas Darmawati kembali menambahkan.

Di akhir penjelasannya, Darmawati menyampaikan bahwa kualitas itu tak lepas dari kreativitas.

"Sebagai pendidik, memang harus kreatif, apalagi di MI yang peserta didiknya masih anak-anak, tentu diperlukan banyak kreatifitas. Tapi saya yakin guru-guru di MI Nurul Falah kreatif semuanya," papar Darmawati menutup penjelasannya. (mp/yh)

Dibaca : 1816 kali

0 Komentar