13 Mei 2019
Kultum Hari Kelima, Hasanuddin Sebutkan 3 Orang yang Memiliki derajat Lebih Tinggi

Kultum Hari Kelima, Hasanuddin Sebutkan 3 Orang yang Memiliki derajat Lebih Tinggi

Parepare, (Inmas Parepare) – Memasuki hari kelima Ramadhan, para pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Parepare masih dengan penuh semangat melaksanakan amaliah Ramadhan yang dimulai dengan pelaksanaan tadarrus Qur’an oleh Tim I pada pukul 09.00 di Musholla Al Adawiyah Kantor Kemenag Parepare, Jumat (10/5/2019).

Tidak seperti biasanya pelaksanaan amaliah Ramadhan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang dilaksanakan setelah shalat dzuhur berjamaah, maka khusus di hari Jumat kultum dilaksanakan setelah shalat ashar berjamaah.

Kali ini kultum diisi oleh salah satu Penyuluh Agama Non PNS pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ujung, Hasanuddin yang membawakan ceramah dengan judul orang-orang yang mendapatkan derajat yang lebih tinggi di sisi Allah SWT.

Mengawali ceramahnya, ia membacakan surah At-Taubah ayat 20 yang artinya, “orang-orang yang beriman dan yang berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan”.

Berdasarkan ayat di atas ada 3 faktor yang harus kita miliki agar memiliki derajat yang lebih tingi dan memperoleh kemenangan, ujar Hasanuddin.

Yang pertama yaitu orang-orang yang beriman. Iman adalah hal yang sangat utama dan paling utama yang harus kita miliki selaku hamba Allah SWT. Iman tidak cukup dengan meyakini keesaan Allah dalam hati tapi itu juga harus dibuktikan dengan ucapan dan diamalkan dengan perbuatan.

“Seorang mukmin yang istiqamah di dalam menjalankan keimanannya dan ketaatannya kepada Allah maka itulah orang-orang yang mendapatkan derajat yang lebih tinggi di sisi Allah SWT. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang berkata, Tuhan kami adalah Allah kemudian ia istiqamah, ia tetap dalam pendirian yang teguh kepada Allah, kemudian malaikat-malaikat turun dan mengatakan, janganah kamu takut dan janganlah kamu bersedih dan bergembiralah kamu karena engkau telah mendapatkan surga yang telah dijanjikan oleh Allah”, jelasnya.

Yang kedua berhijrah, orang-orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah SWT atasnya.

Kemudian yang ketiga lanjut Hasanuddin, berjihad di jalan Allah. “Yang namanya orang berjihad adalah orang yang berjuang menundukkan hawa nafsunya didalam menjalankan ketaatannya kepada Allah SWT. Puncak dari berjihad di jalan Allah adalah bersungguh-sugguh melaksanakan dan menegakkan ajaran Islam dengan pengorbanan jiwa dan harta  kita. Allah berfirman dalam surah Ash Shaff ayat 10 “ Hai orang-orang yang beriman Maukah kami aku tunjukkan sebuah perdagangan yang akan menyelamatkan kamu dari azab yang begitu pedih, yaitu kamu beriman kepada Allah dan Rasulnya dan berjihad di jalan Allah dengan jiwa dan harta kamu itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui”, tutup Hasanuddin. (win/wrd)

Dibaca : 86 kali

0 Komentar