11 September 2019
Usai Pelatihan PRA, Kasi PD-Pontren Akan Adakan Kegiatan Serupa

Usai Pelatihan PRA, Kasi PD-Pontren Akan Adakan Kegiatan Serupa

Makassar (Inmas Makassar) - Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kota Makassar, H. Alimuddin Akib, MA. menganggap penting dilakukannya sosialisasi tentang ramah terhadap santri di seluruh pondok pesantren di Kota Makassar. Hal ini diungkapkannya setelah mengikuti pelatihan Pesantren Ramah Anak (PRA) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) baru-baru ini. 

Pelatihan yang diikutinya selain bersama lima orang pimpinan pondok pesantren Kota Makassar, juga dihadiri oleh lima orang utusan dari masing-masing daerah seperti Kabupaten Maros, Gowa, Takalar, Pangkep dan Kabupaten Barru, serta beberapa pimpinan instansi seperti Dinas P3A Kementerian Agama dan lembaga perlindungan anak Kota Makassar. 

Dirinya menganggap apa yang didapatkan dari hasil pelatihan tersebut sangat tepat untuk diterapkan di pondok pesantren, mengingat masih minimnya pemahaman tentang kekerasan terhadap anak yang dimiliki oleh pengurus ataupun pengelola pondok, sambungnya. 

"Perlu dipikirkan agar diadakan pelatihan bagi pembina atau pengurus pondok pesantren yang ada di Kota Makassar, mengingat kekerasan di pondok pesantren masih terjadi, yang menyebabkan santri tidak betah untuk mondok berlama-lama di pesantren" bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2019). 

Menurutnya pelatihan tentang ramah anak ini sangat tetap dilaksanakan di pesantren agar tidak terjadi kekerasan. "Jadi, meski santri melakukan pelanggaran, maka guru atau pembina Ponpes agar tidak bertindak secara sendiri-sendiri, namun berupaya memberi meminta masukan dari orang tua santri mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh anakna" jelasnya menambahkan.

"Intinya melalui kegiatan ini nantinya diharapkan tidak ada lagi terjadi pemukulan terhadap santri di pondok pesantren" tandasnya. Dirinya pun bermaksud akan melakukan hal serupa dengan mengundang pemateri yang dari pusat sehingga sosialisasi Pesantren Ramah Anak dapat terlaksana di seluruh pondok pesantren. (syh/MF) 

WhatsApp Image 2019-09-10 at 20.54.41

Dibaca : 33 kali

0 Komentar