20 September 2019
Demi Meraih Sukses di Masa Depan, Siswa MAN 2 Kota Parepare Gelar Muhasabah Diri

Demi Meraih Sukses di Masa Depan, Siswa MAN 2 Kota Parepare Gelar Muhasabah Diri

Parepare, (Inmas Parepare) - Satuan pendidikan adalah salah satu wadah berkumpulnya generasi muda remaja bertastus sebagai pelajar. Siswa sebagai remaja yang penuh dengan gejolak darah muda perlu senantiasa adanya kontrol diri dalam menghadapi berbagai dinamika kehidupan, untuk itu salah satu upaya dalam menjaga agar tetap dalam kondisi senantiasa mawas diri adalah dengan mengikuti muhasabah diri.

Kegiatan Muhasabah Diri yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare diikuti oleh seluruh siswa kelas XII sebanyak 160 orang bersama dengan para guru yang berlangsung pada tanggal 19/09/2019 di Aula lantai 2, juga dihadiri Kepala Madrasah dan para Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) serta guru-guru.

Kepala MAN Kota Parepare Dra. Hj. Martina, M.A dalam pengarahan singkatnya sebelum dimulai acara menyampaikan apresiai yang baik atas kegiatan tersebut dan mengharapkan kepada siswa agar mampu menghayati dan mengamalkan setelah mengikuti kegatan ini. “Saya berharap nantinya para siswa betul-betul dapat mengaktualisasikan diri setelah mengikuti muhasabah ini, sehingga nantinya dapat lebih mampu berkonsentrasi terhadap proses pendidikan di madrasah ini”, ungkap kepala MAN 2 Parepare.

Acara ini dimotori oleh siswa di bawah naungan OSIS MAN 2 kota Parepare yang merupakan salah satu bagian dari program kerja pegurus OSIS masa bakti tahun 2018/2019. Sebagaimana disampaikan Ketua pengurus OSIS MAN 2 Kota Parepare Uswatun Khasanah dalam laporannya.

“Menjelang berakhirnya masa kepengurusan OSIS sekarang ini, kami berupaya untuk merealisasikan program Muhasabah Diri ini sebelum pergantian pengurus baru, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman pengurus OSIS lainya serta ibu guru Pembina yang telah membantu mensukseskan acara ini”, ungkap Uswa yang saat ini duduk di kelas XII IIS.1.

Kegiatan muhasabah tersebut dipandu oleh Ust. Sukirman Kide, SP, salah satu penggiat dakwah syiar agama sekaligus pemerhati pendidikan di kota ini dan memaparkan materi dengan tema ”Mengembangkan Potensi Diri”.

Dalam pemaparan materinya, ia menyampaikan bahwa setiap remaja sekaligus siswa harus mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya serta mempunyai visi yang jelas dalam menatap masa depan. “Remaja siswa kelas XII yang sedang mulai mengalami proses pendewasaan diri harus sudah dapat merancang program masa depan, untuk itu perlu adanya stimulus dalam bentuk Muhasabah Diri”, ungkapnya.

Acara muhasabah terus berlangsung, suasana menjadi penuh rasa haru saat pemateri mencoba untuk memancing memori internal para siswa dengan menggali pikiran tentang darma bakti kepada orang tua, baik yang masih hidup  maupun yang sudah meninggal, dengan bertanya sejauh manakah baktimu terhadap mereka. Akhirnya tak terasa para siswa peserta muhasabah tidak mampu menahan tangis deraian air mata mengenang kedua orang tua dan orang-orang yang berjasa telah mendidik dan membesarkannya.

Setelah sampai pada akhir muhasabah, para peserta melakukan tadarrus dengan membaca Surah Yaasin bersama-sama para bapak/ibu guru yang hadir. Setelah itu para siswa dipersilahkan untuk menyalami dan memohon maaf kepada para bapak dan ibu guru, dan selanjutnya masuk ke kelas masing-masing untuk mengikuti proses pembelajaran. (Udf/win/arf)

Dibaca : 56 kali

0 Komentar