16 Maret 2018
Menjelang Wisuda Akbar, TPA di Kab. Sidrap Sibuk Munaqasyah

Menjelang Wisuda Akbar, TPA di Kab. Sidrap Sibuk Munaqasyah

Pangkajene (Humas Sidrap) – Memasuki tahun 2018 tak terasa wisuda akbar untuk Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) akan kembali dilaksanakan. Ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren di Kementerian Agama Kabupaten Sidrap. Wisuda akbar ini rencananya akan diadakan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Sidrap pada hari Ahad 25 Maret 2018.

Menjelang kegiatan tersebut para TPA yang ada di Kabupaten Sidrap saat ini lagi sibuk-sibuknya melakukan munaqasyah untuk santri dan santriwatinya. Munaqasyah tersebut dilakukan sebagai persyaratan utama untuk para santri TPA bisa diikutkan Wisuda Santri Akbar Tahun 2018.

“Munaqasyah adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan target pembelajaran”. Hal ini dilakukan untuk memantapkan persiapan santri TPA masuk kejenjang yang selanjutnya.

Beberapa TPA yang melakukan munaqasyah tersebut yakni TPA Al Iqra Bila Riase, TPA Ahmad Dahlan Pitu Riase, dan TPA Nurul Haq Sereang. “Untuk Kecamatan Pitu Riase peserta yang mendaftar dan mengikuti ujian sebanyak 32 santri dan tidak menutup kemungkinan masih akan ada tambahan lagi,” pungkas Ibu Hajrah selaku Penyuluh Agama Islam Pitu Riase.

Adapun yang menjadi materi tes munaqasyah tersebut yaitu Dinul Islam, Qiraah Bacaan Shalat, Do’a Harian, Hafalan Surah Pendek, dan Khat yang memang sangat penting untuk dikuasai oleh anak usia dini sebagai bekalnya memasuki tingkatan selanjutnya yaitu Madrasah.(andi/ajir)

Dibaca : 2300 kali

0 Komentar