24 Juli 2017
BAN-S/M Visitasi Sejumlah Madrasah Di Kab. Bantaeng

BAN-S/M Visitasi Sejumlah Madrasah Di Kab. Bantaeng

Bantaeng, (24/7) - Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan kelayakan sebuah lembaga pendidikan, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN S/M) melalui assesor yang ditunjuk, melakukan visitasi terhadap sejumlah Madrasah dalam lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng guna melakukan penilaian Akreditasi.

Akreditasi Sekolah/Madrasah adalah sebuah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan lembaga atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Selain itu, Akreditasi Madrasah juga bertujuan memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah atau madrasah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.

Kepada masyarakat/publik, Akreditasi juga bertujuan memberikan jaminan sekolah atau madrasah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

Beberapa Madrasah yang telah dikunjungi tim Assesor antara lain adalah: MA NT Tompong dan MA Muhammadiyah Bantaeng

Sedang untuk tingkat MTS, Tim Asesor telah melakukan visitasi terhadap: MTsN Bantaeng, MTS. Al Murahamah dan MTS. Syekh Muh. Ja'far.

Adapun penilaian yang dilakukan oleh tim Assesor adalah penilaian atas 8 Standar Penilaian Akreditasi antara lain:

  1. Standar Isi,
  2. Standar Proses,
  3. Standar Kompetensi Lulusan,
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
  5. Standar Sarpras.
  6. Standar Pengelolaan.
  7. Standar Pembiayaan.
  8. Standar Penilaian Pendidikan.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng, Drs. H. A. Muh. Baedawi, MM, kegiatan visitasi assesor BAP-S/M yang merupakan perpanjangan tangan dari BAN-S/M ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

"Kegiatan Akreditasi yang digelar oleh BAN-S/M ini merupakan realisasi dari data yang telah kita kirim setiap tahun ke BAN-S/M. Tahun lalu (2016, red) ada beberapa profil Madarsah yang kita kirim, satu diantaranya merupakan Madrasah yang baru di Akrediatasi yakni MA Riyadusshalihin, sementara yang lainnya merupakan perpanjangan". Ujar Pak Kasi.

Lanjut menurut H. A. Baedwai "Visistasi yang dilakukan oleh tim asesor ini koordinasinya langsung ke Panitia Badan Akreditasi Kabupaten yang berpusat di Dinas Pendidikan Nasional Kab. Bantaeng sehingga tidak lagi melibatkan atau berkoordinasi dengan Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng sebagai salah satu leading sektor, tetapi tim secara langsung melakukan visitasi ke Sekolah dan Madrasah yang bersangkutan". Demikian keterangan Kasi Pendma. (mhd/arf)

Dibaca : 2152 kali

0 Komentar