15 September 2017
Kakan Kemenag Bantaeng Bersama Istri Hadiri Prosesi Siraman Putra Bupati NA

Kakan Kemenag Bantaeng Bersama Istri Hadiri Prosesi Siraman Putra Bupati NA

Bantaeng, (13/9) - Bupati Bantaeng Prof Dr. Ir. HM. Nurdin Abdullah, M.Agr dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan atas putranya Syamsul Rezza Nurdin.

Syamsul Rezza Nurdin, putra kedua pasangan Nurdin Abdullah dan Liestiaty F. Nurdin ini akan mempersunting Naqhita Suhanda, putri kedua pasangan H. Suhanda dan Sri Suhartina.

Sehubungan dengan itu, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng siang tadi Rabu (13/9/2017) digelar rangkaian acara adat Mappaccing yang diawali dengan acara Siraman atau Appassili Bunting atau Cemme Mappepaccing, sebuah prosesi yang identik dengan mandi dalam rangka membersihkan diri bagi calon pengantin. Mappaccingnya sendiri Insya Allah akan digelar malam nanti ba'da Shalat Isya.

Acara Appassili Bunting ini dihadiri Sejumlah tokoh diantaranya Bapak H. Tanribali Lamo (Purn TNI) yang juga bakal calon pendamping HM Nurdin Abdullah di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Tanribali hadir didampingi sang istri.

Selain itu, hadir pula mantan ketua KPUD Sulsel periode 2008-2013, Jayadi Nas dan sejumlah tokoh daerah lainnya, serta unsur Forkopimda dan para pimpinan OPD Pemkab Bantaeng.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag beserta Istri Ibu Hj. Sitti Hasnah, S.Ag juga berkesempatan hadir dan berkenan melakukan siraman kepada sang calon pengantin.

Acara Mappaccing putra kedua Bupati Bantaeng 2 periode ini nampak cukup sederhana, hal ini menunjukkan bahwa Bupati Nurdin Abdullah disamping berupaya mempertahankan budaya leluhur, prosesi ini juga kental dengan nilai-nilai islami. (mhd)

Dibaca : 1946 kali

0 Komentar