05 Oktober 2018
SYAHRIR HARUNA : MAKNA IDUL QURBAN DALAM KEHIDUPAN KELUARGA

SYAHRIR HARUNA : MAKNA IDUL QURBAN DALAM KEHIDUPAN KELUARGA

Pinrang, (Inmas Kemenag) - Shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Kabupaten Pinrang (22/18) berpusat di halaman Kantor Bupati Pinrang (seperti pada tahun-tahun sebelumnya). Pada pelaksanaan Sholat id ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Pinrang H. Syahrir Haruna diamanahkan untuk menjadi khatib.  Pelaksanaan salat Idul Adha dipadati ribuan jemaah dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Pinrang. Bertindak selaku imam shalat adalah H. Munta (Kepala Seksi PAIS Kemenag Pinrang). 

Bupati Pinrang (H.Aslam Patonangi) dan Wakil Bupati Pinrang (H.Muh.Darwis Bastama), Ketua DPRD Pinrang (H.Bahran Jafar), Kakan Kemenag Pinrang (H. Sudirman D) turut hadir dalam pelaksanaan Idul Adha bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Intisari khutbah dengan judul Makna ‘Idul Qurban Dalam Kehidupan Keluarga yang dibawakan oleh Syahrir Haruna lebih menjelaskan bahwa hari raya Idul Adha dikenal juga sebagai hari raya kurban, di dalamnya diharapkan untuk mampu mengenang kembali peristiwa besar dalam sejarah umat manusia, yakni pengorbanan yang dilakukan Nabiyullah Ibrahim AS bersama keluarganya.

Kepada anak-anakku! bersyukurlah sekiranya kedua orang tua kita masih hidup ; berusahalah menjadi anak yang shaleh/shaleha ; jangan pernah mengucapkan kata-kata “UF! ; membentak orang tua kita dengan perkataan AH!” karena sesungguhnya ridha Allah tergantung pada ridha kedua orang tua kita dan kemarahan Allah itu di dalam kemarahan kedua orang tua kita, pesan beliau yang disampaikan dalam khutbahnya.

"Sampai kapan kita hidup bekerja banting tulang , pergi PAGI pulang SORE menjemput rejeki. Lihat hewan disana! Sapi, Kambing disana! makan untuk perut! Pergi-pagi pulang sore bekerja hanya untuk perut!. Karena itu! sembelih-lah sifat-sifat kebinatangan yang masih ada dalam diri kita., karena dengan berkurban, kualitas diri setelah menyembelih sifat kebinatangan pada diri kita ; Insya Allah! kinerja kita semakin baik ! sehingga kita dapat meningkatkan prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah kita; Dengan berqurban ! kemanusiaan, kepedulian kita semakin baik dalam menata kebersamaan kita menjadikan Kabupaten Pinrang lebih baik ; dan yang paling penting adalah bahwa dengan berkurban! keimanan kita semakin tinggi dihadapan Allah swt. "  pungkas Syahrir Haruna di akhir khutbahnya. (syb/mrw/arf)

 

Dibaca : 8024 kali

0 Komentar