13 September 2018
Kakan Kemenag Rapat Maraton, Penyeragaman Jadwal Sholat Dan Wisuda Santri Jadi Topik Bahasan

Kakan Kemenag Rapat Maraton, Penyeragaman Jadwal Sholat Dan Wisuda Santri Jadi Topik Bahasan

Makale, (Inmas Tator) - Guna menindak lanjuti imbauan Menteri Agama RI tentang penyeragaman jadwal sholat sepanjang masa, maka Kepala Penyelenggara Syariah Hj.Hadrayani mengundang seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kab.Tana Toraja, untuk mendiskusikan hal dimaksud melalui rapat koordinasi yang dihelat di Aula Kantor Kementerian Agama.Kab.Tana Toraja. Rabu, 12 September 2018.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag H. Muhammad ini, diakhiri dengan acara serah terima alat pengukur arah kiblat kepada setiap Kepala KUA yang hadir.

Selepas bertindak selaku imam pada sholat dzuhur berjamaah di Mushollah Al Ikhalas Kantor Kemenag Tana Toraja, H. Muhammad kembali memimpin rapat mengenai rencana wisuda santri yang akan digelar pada awal bulan Desember tahun ini.

Mengingat kegiatan wisuda santri melibatkan sekitar 1000an santi, sehingga Kakan Kemenag memandang perlu untuk melakukan persiapan yang matang agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

"Pembentukan panitia, penyusunan juknis dan pemilihan tim munaqasyah itu yang paling utama", kata Muhammad.

H.Muhammad mengimbau agar jangan meributkan masalah kontribusi peserta wisudah. "Silahkan bersurat ke masing-masing TPQ sebagai pemberitahuan akan dilaksanakannya munakasyah (ujian) pra wisuda agar mereka dapat mempersiapkan santrinya dengan baik. Setelah fix berapa yang layak ikut wisudah baru kita membicarakan masalah kontribusi peserta", tambahnya

Dalam rapat yang diikuti oleh Kasi Bimas Islam dan para Kepala KUA serta penyuluh Agama dan Ketua Banser Toraja Raya ini, disepakati untuk memilih Kepala KUA Irwan Arif,S.Ag sebagai Ketua Panitia. Pun rapat menyepakati untuk menentukan materi munaqasyah beserta koodinatornya yakni : 1. Ustdz Drs. Dahir B. Tahir,- Bacaaan Al-qur'an 2. Usef Saipul Anwar,- Hafalan surah-surah pilihan. 3. Ahmad, Sanda Linggi, S.Hi; - Hafalan bacaan sholat dan do'a sehari-sehari 4. Halimah, S. Ag;- Hafalan surah-surah pendek. 5. Dra. Syamsidar Lendang; - Materi pengetahuan agama dan keagamaan serta pengetahuan umum.

Mengingat kondisi geografis Tana Toraja dan waktu persiapan yang sangat singkat, sehingga perta rapat juga bersepakat untuk melaksakan munaqasyah pada medio Oktober mendatang dengan sistem zonasi, yakni Zona 1 : Pesertanya berasal dari Kec. Makale, Rantetayo dan Sangalla, dengan lokasi munaqasyah di Masjid Nurul Jihad Se'pon Makale. Zona 2 : Pesertanya dari Kec.Mengkendek dan Gandasil. Tempat munaqasyah di Masjid Nurul Falah Ge'tengan, dan Zona 3 : Pesertanya dari Kec. Saluputti, Rembon, Malimbong Balepe dan Kec.Bittuang /Masanda di Masjid Babul Rahmah Rembon. (AB/arf)

Dibaca : 1079 kali

0 Komentar