03 Oktober 2018
Peringati Hari Batik Nasional, Jajaran Kantor Kemenag Bantaeng Kenakan Batik

Peringati Hari Batik Nasional, Jajaran Kantor Kemenag Bantaeng Kenakan Batik

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Dilansir dari Wikipedia, kata batik berasal dari kata 'ambha' yang berari lebar, luas, kain, dan 'titik' yang berarti titik. Ciri khas batik adalah penggambaran sebuah motif di atas kain.

Awalnya pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut ke masa Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Dulu kegiatan membatik hanya terbatas dalam keraton. Batik yang dihasilkan biasanya untuk pakaian raja dan keluarga pemerintah serta para petinggi.

Kemudian, kebiasaan membatik akhirnya ditiru banyak orang dari berbagai kalangan sehingga menjadi kebudayaan masyarakat.

 
Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.
 
Sehubungan dengan itu, demi turut merayakan Hari Batik Nasional dan juga memenuhi surat edaran Sekretaris Daerah Kab. Bantaeng tentang himbauan mengenakan pakaian Batik di Hari Batik Nasional ini, Jajaran ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng hari ini (Selasa, 2 Oktober 2018) kompak mengenakan pakaian Batik dengan berbagai macam motiv.








Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018.

Dibaca : 356 kali

0 Komentar