11 Oktober 2018
Kemenag Kota Parepare Gelar Sosialisasi Aplikasi SIBOS PINTAR

Kemenag Kota Parepare Gelar Sosialisasi Aplikasi SIBOS PINTAR

Parepare, (Inmas Parepare) – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menggelar Sosialisasi Aplikasi SIBOS PINTAR bagi para Operator Madrasah mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) di Aula Kantor Kemenag Kota Parepare, Rabu (10/10/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 28 Operator Madrasah dan dibuka secara langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Penmad, Drs. H. Andi Sjahrir, M. Ag.

Dalam sambutannya, Andi Sjahrir menyemangati para Operator untuk mengikuti sosialisasi dengan bersungguh-sungguh walau pelaksanaannya dilaksanakan secara sederhana.

“Tumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan kalian sebagai Operator karena jika perasaan cinta sudah ada, maka kalian pasti akan bersungguh-sungguh untuk mempelajari sampai paham”, katanya.

Bertindak sebagai Narasumber, Said Jusman, S. Pd.I didampingi oleh Pengolah Data Seksi Penmad, Nasrullah, S. Pd.I, membimbing para peserta dalam menjalankan Aplikasi SIBOS PINTAR.

Oleh karena Sosialisasi dilaksanakan dari jam 07.30 – 11.30, maka yang bisa menginput data hanya Operator MI karena jadwal koneksitas Aplikasi SIBOS PINTAR terbagi 3 yakni untuk tingkat MI pada pukul 07.00 – 12.00 , tingkat MTs pada pukul 12.01 – 18.00, sedangkan untuk tingkat MA pada pukul 18.01 – 24.00.

SIBOS PINTAR merupakan akronim dari Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar. SIBOS PINTAR adalah sistem informasi BOS dan Program Indonesia Pintar yang bertujuan untuk melakukan validasi Data penerima BOS dan PIP.

Selama ini perencanaan anggaran BOS ditentukan dari data EMIS dan pernyataan Kepala Sekolah secara manual dianggap kurang akurat, sehingga diharapkan dengan adanya Aplikasi ini maka data peserta didik madrasah sebagai basis/perencanaan anggaran dan kuota BOS per madrasah dapat lebih akurat. Begitupun data yang dibutuhkan dalam rangka penyaluran bantuan PIP untuk siswa madrasah.(nb)

 

 

Dibaca : 360 kali

0 Komentar