12 Oktober 2018
Seksi PD Pontren Gelar Lomba Sambut Hari Santri

Seksi PD Pontren Gelar Lomba Sambut Hari Santri

Borongganjeng, (Inmas Bulukumba) – menyambut hari santri nasional, seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba menggelar lomba antar santri/wati pondok pesantren se- Kabupaten Bulukumba yang dibuka oleh Kepala kantor Kemenag Bulukumba, rabu (10/10/2018), di Pondok Pesantren Nurul Falah Borong Ganjeng.

Diikuti dua belas Pondok pesantren, gelaran lomba ini mempertandingkan Musabaqah Qiraatil  Kutub (MQK), Lomba pidato 4 bahasa (Bahasa Indonesia, bahasa daerah, inggris, dan Arab), Musabaqah Hifdzil Qur’an 1, 5, dan 10 Juz, serta lomba vocal grup mars santri.

Kepala seksi PD. Pontren Kemenag Bulukumba Dra. Hj. Hartati H, M. Pd menjelakan latar belakang hari santri adalah perjuangan para santri  yang telah mewakafkan dirinya dan dengan caranya masing-masing berjuang dalam semangat nasionalisme dan patriotisme bergerak bersama dalam resolusi jihad merebut dan mempertahankan Kemerdekaan.

Ditambahkannya, kegiatan lomba ini merupakan hasil musyawarah pimpinan pondok pesantren dengan lomba satuan terpisah yang menjadi rangkaian peringatan hari santri yang puncak acaranya akan dilaksanakan dengan upacara pada 22 oktober mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba Dr. H. Ali Yafid, S. Ag, M. Pd. I dalam arahannya menyampaikan Pondok pesantren beserta alumninya yang dibekali dengan ilmu pengetahuan agama dan pengetahuan umum telah berperan penting dalam setiap bidang pembangunan di negeri ini.

Dalam momentum perayaan hari santri ini, dirinya meminta seluruh santri agar menginternalisasikan spirit patriotisme dan nasionalisme para santri terdahulu dan menjadi teladan ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu, H. Ali Yafid meminta pimpinan pondok pesantren agar membangun komunikasi intensif dalam pengembangan dan pembangunan Pondok Pesanten dan berperan aktif dalam kegiatan dan program Kementerian Agama khususnya kegiatan Seksi PD. Pontren.

Pemerintah Kecamatan Kindang dan Yayasan PP> Nurul Falah mengapresiasi dan berterima kasih atas amanah sebagai tuan rumah dan mengharapkan agar program dan kegiatan Kemenag lainnya agar dapat dilaksanakan berkesinambungan di Kecamatan Kindang.

Selain lomba kepesantrenan, kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan bantuan bahan bangunan untuk pembangunan masjid PP. Nurul Falah serta pelaksanaan zikir dan do’a bagi korban bencana alam dan Tsunami Poso, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah. (sfl/arf)

Dibaca : 125 kali

0 Komentar