08 November 2018
Kultum Dan Sholat Dhuha, Ajang Kaderisasi Dakwah di MTsN Bantaeng

Kultum Dan Sholat Dhuha, Ajang Kaderisasi Dakwah di MTsN Bantaeng

Gantarangkeke, (Inmas Bantaeng) - Seperti hari-hari rabu lainnya, proses pembelajaran di MTsN Bantaeng diawali dengan sholat dhuha berjamaah. Rabu 7 November 2018 kali ini, sebelum pelaksanaan sholat duha didahului dengan kultum dimana yang mendapatkan giliran adalah perwakilan kelas VII C yakni Widianti Prastuti.

Tema yang diangkat dalam kultumnya adalah " Pentingnya Ilmu Pengetahuan". Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehidupan manusia. Saking pentingnya ilmu pengetahuan itu, ketika Allah menawarkan kepada Nabi Sulaiman antara dua pilihan yakni "kekuasaan" atau "ilmu pengetahuan", maka Nabi Sulaiman lebih memilih ilmu pengetahuan ketimbang kekuasaan.

Tentu hikmah yang bisa dipetik dari kisah itu adalah ketika ilmu pengetahuan telah dimiliki maka segala sesuatunya akan ikut. Orang yang telah memiliki ilmu pengetahuan akan ditinggikan derajatnya sebagaimana dalam Q.S. Al Mujadilah ayat 11.

Dari kegiatan tersebut, Harapan Kepala Madrasah Hj. St. Ramliah, S.Ag., M.Pd.I bahwa kegiatan kultum seperti ini harus tetap diintensifkan jika perlu menjadi budaya madrasah karena dari sanalah akan lahir kader-kader dakwah sehingga nantinya daerah ini tidak krisis muballiq. Tentu semua guru dan pembina dakwah harus bahu membahu untuk mewujudkannya, tanpa itu maka tujuan madarasah akan susah diwujudkan," harapnya lebih lanjut.

Untuk penampilan berikutnya yang akan membawakan kultum adalah kelas VIId daan semoga dapat melaksanakan amanah ini. (mhd)

Dibaca : 128 kali

0 Komentar