08 November 2018
BIMTEK SIMKAH BERBASIS WEB DI KEMENAG JENEPONTO

BIMTEK SIMKAH BERBASIS WEB DI KEMENAG JENEPONTO

Romanga, (Inmas Jeneponto) - Kantor Kemenag Kabupaten Jeneponto Melalui seksi Bimas Islam menyelenggarakan bimtek SIMKAH berbasis Web. Yang dihadiri oleh seluruh operator dan Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Jeneponto, selasa  (06/11/2018).

Kasi Produk Halal pembinaan syari’ah Sistem Informasi (PHPSSI) Kanwil Kemenag Sulsel, Muhammad Nur yang didampingi beberapa JFU Wahyadi, Mariana, Rahmawati dan Muthmainnah, saat memberi materi mengatakan bahwa, pada dasarnya Simkah tanpa Operator tak berarti apa-apa, oleh karena itu kehadiran Operator sangatlah diharapkan, serta partisipasi dalam penggunaan SIMKAH WEB dan setelah lounching secara Nasional pada tanggal delapan bulan November maka diwajibkan seluruh KUA Kecamatan menggunakan SIMKAH WEB kecuali yang sama sekali tak mendapatkan jaringan ( signal)

Lanjutnya, beberapa kelebihan SIMKAH WEB, dengan teritegrasinya dengan CAPIL dan saat operator menginput data catin maka data tersebut tersave di server Kemenag. dan bisa terbaca oleh seluruh Indonesia, kelebihan kedua adanya validasi NIK, operator Kecamatan akan terbantu dalam hal mendaftar dan menginfut data dirinya masing-masing. Dan saat ini MoU dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Keuangan dan teritegrasi ke aplikasi SIMPONI. Kelebihannya adanya kartu nikah disampingng buku nikah juga disertai kartu nikah dan memiliki barkot.ungkap Muh.Nur.
Lebih lanjut Muh. Nur menghimbau kepada Kepala KUA agar melibatkan para penyuluh melakukan pendataan faham-faham keagamaan yang ada di Jeneponto, untuk di catat baik yang bermasalah , faham yang sesat maupun faham/aliran yang tidak bermasalah , fungsi mencatat untuk melakukan pembinan terhadap faham dan tarekat, dan pengoperasian secara tekhnis akan dilanjutkan oleh wahyadi.

Kepala Seksi Bimas Islam berharap agar operato dan Kepala KUA se Kab.Jeneponto. Melalui bintek ini guna meningkatkan kinerja layanan KUA dengan mengedepankan aspek kemudahan dan transparansi penggunaan data kependudukan, pelaporan dan penyampaian harap Khaeruddin.(Fhr)

Dibaca : 111 kali

0 Komentar