09 November 2018
Berdayakan Masjid, Sejumlah Imam Dibekali

Berdayakan Masjid, Sejumlah Imam Dibekali

Watampone, (Inmas Bone) - Bertempat di Hotel Arta IN Bone, sejumlah 50 orang peserta menghadiri kegiatan Pembinaan Pengelolaan Pemberdayaan Kemasjidan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone.

50 peserta tersebut antaranya Kepala KUA Kecamatan beserta staf yang membidangi kemasjidan, Penyuluh Agama Islam dan Imam Masjid Kelurahan / Desa.

Kegiatan angkatan pertama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus masjid untuk senantiasa dapat mengelola masjid agar berfungsi sebagaimana mestinya baik kesakralan, kemakmuran, serta manajemen administrasinya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal, 8 s.d 9 November 2018 ini dibuka oleh Kepala Bagian Perencanaan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI H. Andi Pabbenteng, S.Sos sekaligus meberikan pembinaan “Penguatan Fungsi Agama Dalam Pembangunan Nasional”, Kamis (8/11/2018).

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Drs. H. M. Amin M, M.HI, Jumat (9/11/2018), memaparkan “Fungsi Imam Masjid dan Pola Pembinaan”.

Beliau mengungkapkan bahwa di era zaman now ini pada umumnya Masjid berfungsi sebagai tempat berkumpulnya umat Islam untuk menjalankan ibadah sekaligus melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Kegiatan keagamaan yang dimaksudnya adalah tempat menuntut ilmu, tempat pembinaan jamaah, pusat da’wah dan kebudayaan Islam, pusat kaderisasi umat dan basis Kebangkitan Umat Islam.

Melalui kegiatan ini, H. M. Amin M mengharapkan agar para unsur yang terkait dalam pengurusan masjid mampu mengoptimalkan fungsi masjid, serta mengatur hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan masjid, sehingga masjid dapat diberdayakan sesuai dengan fungsinya sekaligus dapat memantapkan nilai-nilai peradaban umat Islam.

Lebih lanjut beliau menitipkan pesan kepada seluruh peserta yang hadir agar tetap menjaga lingkungan kondusif dimasing-masing wilayah kerja, serta senantiasa menjaga kerukunan umat beragama dengan baik. (ah)

Dibaca : 51 kali

0 Komentar