22 November 2018
Kamad se-Kota Parepare Hadiri Rakor yang Digelar Penmad Kemenag Parepare

Kamad se-Kota Parepare Hadiri Rakor yang Digelar Penmad Kemenag Parepare

Parepare, (Inmas Parepare) – Setelah menggelar pertemuan dengan para Operator Madrasah beberapa waktu lalu, Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan mengundang seluruh Kepala Madrasah mulai dari tingkat Raudhathul Athfal (RA) sampai tingkat Madrasah Aliyah (MA), di Aula Kemenag Parepare, rabu (21/11/2018).

Bentuk perhatian dan usaha maksimal yang dilakukan Penmad Kemenag Parepare terhadap perkembangan madrasah-madrasah patut diacungi jempol dan mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya di tengah keterbatasan dana menjelang akhir tahun 2018.

Hal tersebut senada dengan pernyataan dari Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Penmad Kemenag Parepare, Dr. Muhammad Idris Usman, S. Ag., M.Ag saat membuka rakor.

“Syukur Alhamdulillah sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh pengelola maupun staf seksi Penmad atas kreativitasnya sehingga mampu menyelenggarakan kegiatan ini walaupun kita ketahui bahwa dana Penmad sudah sangat terbatas menjelang akhir tahun 2018 ini”, ungkap Kasi PAI Kemenag Parepare ini.

Rakor kali ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan para Operator Madrasah Jumat (19/11/2018) lalu yang membahas berbagai Aplikasi yang ada di madrasah termasuk Aplikasi Rapor Digital (ARD).

Menyinggung tentang ARD, Muhammad Idris Usman menjelaskan bagaimana alur dari ARD dimana yang memegang kendali utama adalah Operator Madrasah. “ Operator Madrasah akan menginput data guru, data siswa, mata pelajaran, ekstra kurikuler, serta muatan lokal, untuk selanjutnya guru wali kelas yang akan menginput nilai-nilai siswa dan mencetak rapor. Olehnya itu Operator Madrasah harus diperhatikan kesejahteraannya dan diservice dengan baik”, ungkapnya.  

Adapun agenda Rakor pada kesempatan tersebut adalah Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah, Sosialisasi penggunaan BIO UN MA, Sosialisasi Kode Penomoran Ijazah Madrasah, Sosialisasi Penerima Tunjangan Insentif  GBPNS Tahun Anggaran 2018, Sosialisasi Calon Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Sosialisasi Pembayaran TPG Madrasah  Pada Aplikasi SIMPATIKA, Pengupload tan Data peserta ujian (file EZ) EMIS, Persiapan UNBK bagi madrasah penyelenggara dan pengikut TP 2018/2019, Persiapan UAMBN BK bagi madrasah penyelenggara dan pengikut TP 2018/2019, Validasi Data Pada Aplikasi SIBOSPINTAR, Validasi Data Pada Aplikasi EMIS 2018/2019, Sosialisasi Pemberdayaan KKG IGRA,KKG MI, MGMP MTS/MA, DAN KKM.

Walaupun pelaksanaan Rakor berlangsung sehari, namun semua Agenda Rakor dapat diselesaikan oleh para Narasumber yang terdiri dari H. La Jami, S. Ag., MA, Dra. Fatmawati, Nasrullah, S. Pd.I, dan Said Jusman, S. Pd.I. (nb/arf)

 

Dibaca : 163 kali

0 Komentar