06 Desember 2018
KEPALA MTs AL-FALAH ARUNGKEKE JADI KAMAD INSPIRATIF DI KAB. TANAH TORAJA

KEPALA MTs AL-FALAH ARUNGKEKE JADI KAMAD INSPIRATIF DI KAB. TANAH TORAJA

(Toraja Utara), Visiting Teacher di daerah Perbatasan/ 3T/ Minoritas merupakan program yang di selenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah RI sejak tahun lalu. Untuk kedua kalinya kepala MTs Al-Falah, Kasmawati, S.Ag.,M.Pd dipercayakan untuk menginspirasi guru-guru dan para Kepala Madrasah. Tahun 2017, ia ditugaskan di daerah 3T, Kupang, Nusa Tenggara Timur  untuk menjadi Narasumber di kegiatan visiting teacher ini. Tahun 2018, tepatnya tanggal 1-3 Desember, Kasmawati kembali ditugaskan untuk menginspirasi para guru dan tenaga Kependidikan Madrasah dalam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Tanah Toraja.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala seksi  pendidik pada Subdit  MI/MTs , Direktorat GTK Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag RI, H. Mustofa Fahmi, M.Ed pada tanggal 1 Desember 2018 di Toraja Heritage Hotel, Toraja Utara. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari guru, kepala madrasah, TU serta  Pengawas.

Dalam kesempatan ini, Kasmawati sebagai kepala madrasah inspiratif berbagi tentang pengalamannya (best practice) dalam mengembangkan madrasahnya. Madrasah yang dahulu hanya terakreditasi C melompat ke capaian A. Madrasah yang sebelumnya sepi dengan prestasi, namun kini meraih berbagai prestasi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi sampai tingkat Nasional. Para peserta sangat terinspirasi dan membuka diri dalam berdiskusi tentang pengembangan madrasah. Pada moment tersebut juga Kepala berprestasi tingkat propinsi tahun 2017 ini juga berbagi buku karyanya sendiri kepada 4 orang peserta teraktif dan selebihnya 6 buah buku diserahkan kepada Kasi Pendis kantor Kemenag Kab. Tanah Toraja, bapak Drs. Suardi, M.Pd untuk diserahkan langsung kepada guru-gurunya. Selain itu juga Kasma memperperkenalkan Pergumapi (Persatuan Guru Madrasah Penulis)  sebagai sebuah wadah bagi guru, kamad dan pengawas untuk belajar dan saling berbagi ilmu tentang kepenulisan dan literasi, sekaligus beliau menyerahkan 2 buku karya anggota dan pengurus Pergumapi, kumpulan Puisi Repertoar Perempuan dan kumpulan cerita Merah Putih Sertifikasi Guru kepada kepada kasi Pendis Kemenag Tanah Toraja tersebut.

Program Visiting Guru di Perbatasan/ daerah 3T/ Minoritas ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanah Toraja, H. Muhammad, S.Ag.,M.Pd pada malam tanggal 3 Desember 2018. Sebelum menutup acara beliau mengucapkan apresiasi yang setinggi-tinginya  kepada pihak Direktorat GTK Madrasah atas program ini dan mengharapkan kepada peserta agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan sharing kepada guru-guru lain di madrasahnya masing-masing. (Ksm/Fhr)

 

Dibaca : 153 kali

0 Komentar