Begini Sambutan Kakanwil Kemenag Sulsel Pada Pembukaan STQH Ke-32 Tingkat Provinsi

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Sidrap, HUMAS SULSEL ~ Acara  pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-32 tingkat Provinisi Sulawesi Selatan digelar di alun-alun Masjid Agung  Sidrap, Jln. Jendral Sudirman, Lekessi, Kec. Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis 3 Juni 2021 malam.

Kegiatan 2 tahunan ini dibuka secara virtual oleh Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan dihadiri secara terbatas oleh perwakilah kafilah dari 24 kab./kota  karena penerepan protokol kesehatan covid-19 secara ketat.


"Melalui STQH kita berikhtiar agar Al Qur'an dipedomani dalam kehidupan bermasyarakat, melalui STQH pula kita bersama-sama menyiarkan Al Qur'an di Bumi Nene Mallomo", ucap Bupati Sidrap, Dollah Mando ketika menyampaikan sambutan selamat datang.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Khaeroni menuturkan bahwa STQH adalah merupakan kegiatan keumatan yang mempunyai makna meningkatkan kualitas dan pemahaman umat Islam akan nilai yang terkandung dalam Al Qur'an dan Hadits.

Menurutnya, salah satu issu dan tantangan umat Islam saat ini yakni masalah keseimbangan dan keberagaman.


Ia menambhakan, Al Qur'an dan hadits mengajarkan banyak aspek seperti aspek hak dan kewajiban, dimana menurutnya STQH merupakan salah satu solusi dalam melaksanakan keseimbangan hidup yang tak lepas dari konsep moderasi beragama.

Khaeroni kemudian mengakhiri sambutannya dengan mengutip pepatah bugis "padallao tappada upe" dengan dialek Jawa yang sangat kental sehingga mengundang tawa para hadirin.

Selanjutnya, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Silaiman mengungkapkan bahwa  STQH tingkat Provinsi Sulsel ini adalah yang pertama digelar setelah merebaknya pandemi covid-19.


"STQH merupakan salah satu wadah buat generasi muda untuk lebih mendekatkan diri dengan Al Qur'an dan merupakan ajang untuk membentuk karakter yang lebih baik sehingga menjadi teladan bagi masyarakat", imbuhnya.

Siapapun peserta terbaik di STQH kali ini, kata Sudirman Sulaiman, akan diberikan apresiasi yang tidak mengecewakan.

"Untuk yang terbaik kami berharap di ajang selanjutnya dapat kembali mengharumkan nama Sulawesi Selatan yang pernah meraih juara", pungkasnya.(AB)


Wilayah LAINNYA