Bantaeng (Humas Bantaeng) - Sebagai salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Bantaeng, Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kab  Bantaeng bekerjasama dengan Pemerintah Kab  Bantaeng dan Kementerian Agama Kab. Bantaeng menggelar kegiatan Seminar Sehari yang diikuti jajaran Pembina Pondok Pesantren bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis, (22/10/20), siang

Hadir Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si sekaligus membuka Seminar Sehari yang bertema "Bersama Pesantren, santri sehat Indonesia Kuat".

Hadir pula Wakil Bupati Bantaeng Drs. h. Sahabuddin yang dalam kesempatan itu bertindak selaku Narasumber atau Pemateri dengan judul: *Kebijakan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Bantaeng sebagai Kota Santri"

Sedang Pemateri lainnya, hadir Ketua IPI Prov Sulsel KH. Muh. Iqbal Djalil, Lc  dengan judul materi bertema : *Bersama Pesantren, Santri sehat dalam mewujudkan Bantaeng sebagai kota pendidikan yang religius*

Turut hadir sekaligus memberikan Sambutan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, S.Ag., M.Ag, serta Kepala Seksi PD Pontren Abd. Halim Yakub, S.Ag, MM.

Berbagai rangkaian kegiatan lainnya juga telah dilaksanakan dalam menyambut Hari Santri Nasional ke-5 di Indonesia dan ke-3 di Kab. Bantaeng, beberapa diantarnya yakni lomba inovasi metode pembelajaran Pondok Pesantren serta lomba menulis artikel Santri se-Kab. Bantaeng.

Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin yang sebelum membuka seminar sehari mengatakan bahwa menjadi sebuah kebahagiaan menjadi bagian dari kegiatan yang tentunya akan memberi manfaat besar tidak hanya bagi keluarga besar lingkup pesantren Kab. Bantaeng, tetapi kita yakini menjadi bagian pencapaian sebagai komitmen membangun sumber daya manusia yang lebih berakhlak, beriman dan bermanfaat bagi masyarakat di Kab. Bantaeng. 

"Supporting Pemkab Bantaeng terhadap kehidupan dan eksistensi pesantren di Kab. Bantaeng tentu menjadi sebuah kewajiban. Ponpes menjadi bagian yang sangat mendukung Pemerintah Daerah dalam menciptakan SDM yang lebih baik", kata Bupati. 

Ditambahkan Bupati, bahwa pemerintah berkomitmen memelihara aspek infrastruktur yang sudah baik, tinggal menciptakan SDM yang lebih unggul untuk memanfaatkan segala infrastruktur untuk beraktifitas di Kab. Bantaeng. 

Sementara itu Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus yang baru saja usai menjadi Pembina dalam Upacara Bendera memperingati Hari Santri Tahun 2020 Tingkat Kab. Bantaeng di Ponpes As'adiyah Dapoko menyambut baik kegiatan yang diakomodir dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Bagian Kesra Setda Bantaeng ini.

Dirinya sangat bangga dengan perkembangan dunia Pondok Pesantren yang cukup pesat di daerah yang sangat kecil ini.

Senada dengan itu, Ketua IPI Sulsel yang juga Ketua Ikaatan Koperasi Pondok Pesantren se Sulsel dalam sambutannya menyatakan sangat optimis melihat sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Kementerian Agama dan Dunia Pondok Pesantren dimana figur-figur yang yang sekarang duduk di Birokrat dan juga Kementerian Agama adalah figur-figur yang tidak diragukan lagi perhatiannya terhadap perkembangan Dunia Pondok Pesantren. Katanya.

Sementara itu Ketua Ikatan Pesantren Indonesia Kab. Bantaeng, Hasanuddin Arasy mengatakan bahwa Pemerintah selalu hadir di tengah kita sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung kegiatan pesantren. 

"Besar harapan melalui seminar ini kita bisa mewujudkan Bantaeng sebagai kota santri", ujarnya. 

Pada kesempatan itu, dilakukan pula penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah dari Pemkab Bantaeng kepada Pondok Pesantren.

Penulis Mahdi Bakri, SE
Editor Andi Baly.