Eskul Seni MA PP Nurul Falah Garap Film Pendek tentang Hijrah dan Ramadan

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bulukumba (MA PP. Nurul Falah) - Sebagai penambah kegiatan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilaksanakan, Kelompok Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah PP. Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba, menggarap sebuah film pendek. Dengan mengusung genre religi, film ini berkisah tentang Hijrah dan Ramadan.

Karena pandemi masih merebak, dan kegiatan berskala besar dibatasi, maka pemeran dalam film ini juga dibatasi. Jumlah siswa yang terlibat mulai dari pemeran utama hingga pemeran pendukung tidak banyak. Hal ini bertujuan agar proses syuting tak terlalu mengambil resiko dan protokol kesehatan bisa diterapkan dengan baik.

Proses shooting telah dimulai sejak pertengahan Pebruari lalu, dengan mengambil lokasi seputar Madrasah dan tempat-tempat yang dianggap cocok dan pantas di sekitar Madrasah. Selain itu, agar tak terlalu repot dalam pengambilan latar cerita, teknik green screen ditetapkan dengan mengambil background yang bebas dari copyright.

Widya, wakil ketua Sanggar Seni dan Literasi (SASLI) MA PP. Nurul Falah menjelaskan bahwa pembuatan film pendek ini memang ditetapkan harus rampung. Ini berkaitan dengan program MA PP. Nurul Falah sendiri yang sejak dua tahun terakhir ini memang aktif di dunia akting.

“Setiap menjelang penerimaan siswa baru, salah satu daya tarik Madrasah kami adalah film-film pendek yang selama ini diproduksi. Saya juga tahun lalu mendaftar di MA PP. Nurul Falah, salah satunya karena ingin terlibat di kegiatan ini (film pendek)," ungkapnya.

Adapun film ini nantinya diharapkan menjadi inspirasi buat anak-anak muda, agar senantiasa mengedepankan pendidikan mereka. Selain itu, film ini juga diharapkan menjadi tontonan bermanfaat di sela-sela aktifitas para pelajar agar benar fokus belajar, tidak terpengaruh dengan hal-hal buruk terutama yang muncul dari media sosial.

"Kami bukannya sudah baik. Tapi kami berharap bisa saling menginspirasi lewat film ini. Saling belajar. Mudah-mudahan kita semua sebagai pelajar benar-benar bisa hijrah menuju keadaan yang lebih baik," tambah Widya.

Rencananya, film pendek ini akan tayang di Chanel YouTube NURFAL TV dan Way of Da'i pertengahan bulan Maret 2021. Penayangannya juga sekaligus dirangkaikan dengan dimulainya sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). (yh)


Daerah LAINNYA