Dampang (MTsN. 6 Bulukumba) - 100 siswa MTsN 6 Bulukumba mengikuti Webinar Program ROOTS (Pencegahan Anti Bullying) dengan tema "Menjadi Generasi Berperilaku Positif Untuk Menghilangkan Perilaku Bullying Di Sekolah" yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesia Mengabdi (YIM) Bekerjasama UNICEF pada Sabtu (17/10/2020) di Aula Madrasah.

Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom yang bertujuan agar siswa dapat memahami tentang perilaku bullying. 

Kepala Madrasah Nurmiah menyampaikan  kepada seluruh peserta webinar bahwa dengan adanya kegiatan ini siswa diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai tindakan bullying serta pelaku dan korbannya. 

Selain itu Nurmiah juga berharap setelah kegiatan ini siswa mampu memiliki kesadaran tentang konsep diri yang positif sehingga mampu menjadi bagian dari budaya sekolah yang manusiawi dan bebas dari perilaku bullying.

Sementara itu salah seorang fasilitator sekaligus wakamad kesiswaan Hj. Ratsiah mengatakan dengan adanya kegiatan semacam ini saya berharap para siswa tidak lagi melakukan bullying pada temannya, tidak lagi mengejek temannya dengan perkataan kasar. 

"Kami sangat bersyukur dan bangga diberi kesempatan mengikuti kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini kami bisa memahami mengenai perilaku bullying yang terjadi di sekolah yang mana selama ini kami mengira bahwa banyak perilaku hanyalah candaan ternyata itu adalah termasuk bullying. Tutur Afdalia.

Setelah kegiatan berakhir Kepala Madrasah memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh fasilitator dan wali kelas yang telah setia mendampingi dan mengarahkan seluruh peserta sehingga kegiatan ini berlangsung dengan baik dan sukses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (nw) 

Penulis Syaiful
Editor Andi Baly.