Makassar, HUMAS SULSEL - Janji panitia untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dan spektakuler pada acara launching Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah (Garda Kagum) Prov. Sulawesi Selatan terungkap dalam rapat panitia yang digelar di Wisma MTsN 1 Makassar, Jumat 18 September 2020.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Panitia Penyelenggara, Syamsuddin Rasyid ini secara khusus membahas tentang finalisasi persiapan launching Garda Kagum yang rencananya digelar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.



Disepakati bahwa launching Garda Kagum tetap dihelat sesuai rencana awal yaitu pada hari Kamis 24 September 2020, dimana kegiatan ini akan dilaksanakan secara tatap muka dan virtual, dengan menghadirkan Gubernur Sulsel Prof.Dr.HM.Nurdin Abdullah, Kakanwil Kemenag Sulsel yang baru saja dilantik Drs.H.Khaeroni, M. Si, para Kakan Kemenag Kabupaten / Kota se Sulsel serta Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tingkat Prov. Sulsel.

Sebanyak 25 ribu guru dari 2900 madrasah se Sulsel juga akan mengikuti launching ini secara virtual, termasuk Direktur GTK Kemenag RI Dr. H. Muhammad Zein, M.Ag, sekaligus didaulat menyampaikan sambutan.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel, H. Masykur
yang turut hadi pada rapat ini dalam arahannya menerangkan bahwa launching Garda Kagum adalah kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia, sehingga akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Komunitas Madrasah jika dapat berjalan dengan baik. Olehnya itu, ia berharap partisipasi aktif dari seluruh Komunitas Madrasah se Sulawesi Selatan untuk menyukseskan kegiatan ini.

Keterlibatan secara aktif komunitas guru madrasah juga dilaporkan oleh Kasi Guru Bidang Penmad, H.Rahman, bahwa sampai saat ini telah terdaftar sebanyak 315 titik kumpul dari 19 kabupaten / kota, dimana setiap titik terdiri dari sekitar 30 orang anggota komunitas guru madrasah dan akan terhubung secara virtual dengan menggunakan layar lebar dari daerah masing-masing.

Sementara koordinator acara, Hj. Darmawati yang juga mejabat selaku Kepala MTsN 1 Kota Makassar menuturkan bahwa launching nantinya akan ditata secara apik dengan menggunakan sarana multi media terbaru sehingga berkesan dan spektakuler. (AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.