Hari Pertama Ramadhan, Kanwil Kemenag Sulsel Gelar Kultum dan Tadarus Bersama

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS SULSEL ~ Pada hari pertama bulan suci Ramadhan 1442 H, Selasa (13/4),  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Kultum dan Tadarus bersama ba'da dzuhur di Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel. 


Kepala Bidang Urais Bimsyar, H. Rappe yang bertindak sebagai penceramah pada kultum hari pertama ini dalam tausiyahnya mengulas makna ungkapan marhaban ya ramadhan menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

"Ada kebahagiaan tersendiri setiap menyambut bulan suci Ramadhan. Marhaban artinya selamat datang. Namun jika diartikan dari bahasa Arab, marhaban merupakan kata turunan dari rahb yang berarti luas atau lapang. Sehingga ucapan ini menunjukkan kelapangan dada atas tamu yang akan segera datang", urai H. Rappe.

Ditambahkannya, begitu istimewanya bulan suci ramadhan ini sehingga dalam menyambutnya yang diucapkan adalah kata marhaban bukan ahlan wa sahlan.


Setelah mendengarkan kultum, kegiatan dilanjutkan dengan tadarus bersama yang dipandu oleh H. Hasan Basri, pelaksana pada bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Ia juga dikenal sebagai imam masjid Al Markas Al Islami Makassar.


Untuk hari-hari selanjutnya selama Ramadhan, Ketua Pengurus Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel yang juga menjabat Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Pembinaan Syariah pada Bidang Urais, H. Nur Hasyim mengatakan bahwa Kultum atau ceramah agama akan disampaikan secara bergantian oleh pejabat eselon 3 lingkup Kanwil Kemenag Sulsel.


Terlihat hadir pada kegiatan ini, Kepala Bagian Tata Usaha, para kepala bidang, para pejabat eselon empat dan pelaksana serta pegaeai Non PNS Kanwil Kemenag Sulsel. (AB)


Wilayah LAINNYA