Toraja Utara, HUMAS - Kamis 13 Mei 2021, adalah sebuah momentun dimana umat muslim maupun kristen dan katolik merayakan hari raya secara bersamaan, yaitu hari raya idul fitri dan hari Kenaikan Isa Al Masih.

"Selamat hari raya idul fitri bagi saudara-saudari kita umat islam, dan selamat memperingati hari Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga bagi saudara-saudari kita umat kristen dan katolik", tulis Kakan Kemenag Toraja Utara, Pretti L. Gasong, S.Th di WA group.

"Semoga kita menjadi pribadi yang beriman, menjadi peribadi yang lebih baik lagi, lebih berkualitas dan senantiasa saling mengasihi. Sukses untuk kita semua dan tetap memberikan yang terbaik bagi institusi yang kita tercinta, Kemenag Toraja Utara. Salam sehat selalu. Tuhan Memberkati kita semua", pesan PL Gasong lebih lanjut.


Ada yang unik pada pelaksanaan shalat idul fitri di Masjid Agung Rantepao Toraja Utara kali ini, yaitu hadirnya sejumlah penyuluh agama kristen dan katolik untuk memberi pendampingan pengamanan pada pelaksanaan sholat id di masjid tersebut.

Para penyuluh yang sebahagian merupakan anggota Persatuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) Jemaat Elim Rantepao ini menunjukkan sikap toleransi,  kepedulian dan pendampingan terhadap umat muslim yang tengah beribadah. Bahkan setelah pelaksanaan shalat idil fitri, mereka turut membantu jemaah masjid untuk membersihkan sampah koran yang berserakan.

Menanggapi kehadiran anggota PPGT ini, Sekcam Rantepao, Manaek Bara' Allo pada akun facebooknya mengungkapkan apresiasi dan ucapan terimakasinya.

"Kenaikan Isa Almasih dan Idul Fitri yang bersamaan kita sambut hari ini, tentu bukanlah suatu kebetulan. Ada makna yang dikirim dari Sang Penentu, semoga kita dapat mengambil hikmahnya. Terima kasih adik-adik Persatuan Pemuda Gereja Toraja Jemaat  Elim (PPGT JER) yang sudah mendampingi lalu membantu membersihkan sampah yang ada. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Selamat merayakan Kenaikan Isa Almasih, mohon maaf lahir  dan batin, Tuhan beserta kita,.. 🙏 ", tulis Mona sapaan akrab Sekcam Rantepao tersebut. (IM/AB)

Penulis Ammi
Editor Andi Baly.