Jelang Bulan Suci Ramadhan, Kemenag Sulsel Gelar Donor Darah Peduli Sesama

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS SULSEL ~ Sehari menjelang pelaksanaan puasa Ramadhan 1442 H,  Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah  peduli sesama yang dipusatkan di Aula I Kanwil Kemenag Sulsel Jalan Nuri Nomor 53 Makassar.

Kegiatan donor darah ini merupakan tindak lanjut dari surat Kepala UPT Transfusi Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan perihal  permohonan donor darah sukarela guna mengantisipasi menipisnya pasokan darah ke rumah sakit - rumah sakit sekitar wilayah Makassar selama bulan suci Ramadhan.


Menyikapi hal ini, sejumlah pegawai Kanwil Kemenag Sulsel mendatangi Aula I guna berpartisipasi pada pelaksanaan donor darah sukarela tersebut, Senin 12 April 2021.

Tercatat 29 pegawai, baik PNS maupun Non PNS yang mendonorkan darahnya, termasuk anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sulsel yang kebetulan di waktu yang bersamaan sedang menggelar pertemuan rutin bulanan.

Dokter Rusmini selaku ketua tim donor darah dari UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel  mengungkapkan bahwa kegiatan ini sengaja menyasar instansi pemerintah mengingat sulitnya mencari pendonor saat ini, terutama pada saat bulan puasa.

"Itu yang kita kuatirkan ketersediaan dan pasokan darah ke rumah sakit - rumah sakit di sekitar Makassar akan menipis selama bulan suci Ramadhan, sehingga dengan keterlibatan ASN akan sangat membantu. Syukur-syukur bisa mencapai target maksimal 45 pendonor setiap inatansi", ucapnya.

Adapun persayaratan untuk bisa mengikuti donor darah ini cukup mudah, kata dr.Rusmini, yaitu tekanan darah minimal 90/60 mmHg dan maksimal 160/100 mmHg, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan dan tidak begadang sebelum melakukan donor darah serta berjarak 14 hari pasca menjalani vaksin covid.

"Nanti setelah sampai di lab (laboratorium) baru dilakukan skrining uji kimia darah apakah darah pendonor laik didonorkan atau tidak kepada pasien yang membutuhkan", ujar dokter Rusmini menambahkan.

Sementara itu, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulsel, Heni Suwardani Khaeroni yang memantau jalannya kegiatan donor darah ini menyatakan apresiasinya kepada pegawai Kemenag Sulsel yang dengan sukarela mendonorkan darahnya.


"Tentu kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama. Semoga kegiatan ini berlangsung secara berkesinambungan dan pesertanya juga kian bertambah", tuturnya.

"Saya berharap kepada DWP se Sulsel, baik unsur pengurus maupun anggota agar dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat manfaat donor darah dan tentunya yang paling utama adalah membantu para saudara-saudara kita yang memerlukan darah", tutup Heni Suwardani. (AB)


Wilayah LAINNYA