Humas Selayar. Sejak dilantik sebagai Kakankemenag Selayar, Dr. H.Nur Aswar Badulu telah programkan Safari Jumat dengan melibatkan beberapa unsur dalam lingkup Kemenag minimal sebulan sekali. Pada Safari Jumat yang diadakan kemarin, 23/10/2020. Turut terlibat Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Buki, beberapa unsur guru dan penyuluh kementerian Agama Kepulauan Selayar.

 

Safari Jumat periode ini diarahkan ke Kecamatan Bontomanai mengusung tema menghadapi musibah covid 19 berdasarkan panduan yang telah digariskan oleh Allah swt. dan rasul-Nya Muhammad saw. Menurut Kakankemeng Selayar, Alquran dan hadits memberikan banyak tuntunan dan panduan mengenai cara menangani dan juga menghadapi berbagai musibah yang melanda umat manusia.

 

Dalam menyikapi berbagai musibah, termasuk di antaranya covid 19 hendaknya kita merujuk kepada tuntunan Alquran sebagai yang dijelaskan oleh Allah swt. di dalam surat at-taghabun ayat 11. Di dalam tersebut setidaknya ada 5 hal yang perlu menjadi catatan kita. Pertama, kita harus bersikap bijak di dalam menghadapinya, Kedua, perbanyak berdoa dan juga zikir, Ketiga, senantiasa menjaga aturan Allah swt. keempat, harus tekun melakukan ikhtiyar,  dan kelima adalah tingkatkan kesabaran.” Seperti itu diungkapkan oleh Nur Aswar Badulu saat menyampaikan khutbahnya kemarin.

 

Selain hal di atas, Kakankemenag Selayar juga menghimbau kepada seluruh Jemaah agar ikut serta melakukan wakaf tunai berupa uang. Wakaf tunai ini kata beliau adalah salah satu program unggulan Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar. Hasil dari wakaf tunai pemanfaatannya ditujukan kepada peningkatan kualitas pendidikan yang bersifat keagamaan dan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

 

Dalam safari jumat, Kakankemenag Selayar juga menyerahkan wakaf Quran di Masjid Hizbul Wathan Merdekaya Kecamatan Buki, tempat beliau menyampaikan khutbah jumat. Wakaf quran yang diserahkan ke pengurus masjid disaksikan langsung oleh Usman, S. Sos, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Buki dan sebagai pejabat sementara pada KUA Bontomanai. Menurut Nur Aswar Badulu, wakaf quran dimaksud adalah merupakan sumbangan dari Forum Komunikasi PAI Non PNS
Penulis Munir Surianto
Editor Andi Baly.