Samata Gowa, (HUMAS SULSEL) - Kepala Kanwil Kemenag Susel, Drs. Khaeroni, M. Si hadir di ruang rapat senat gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar tempat dilangsungkannya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UIN Makassar dengan tiga lembaga lainnya, yaitu Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulsel beserta PT Bank Mega Syariah, Kamis 18 Februari 2021.


Kehadiran KH.Khaeroni di kampus  berjuluk kampus peradaban ini didampingi oleh Kabag TU H.Fathurrahman, Kabid Penaiszawa Dr.H.Kaswad Sartono dan Kabid Pendidikan Madrasah H.Masykur.

Empat lembaga yang bersepaham untuk menjalin kerjasama ini menandatangani MoU  dalam rangka penguatan peran kelembagaan sebagaimana penyampaian Rektor UIN Makassar Prof. Hamdan Juhannis dalam sambutannya.

"UIN Alauddin senantiasa terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai stake holders, terutama dalam penguatan peran kelembagaan, apalagi UIN memiliki keunggulan dibanding perguruan tinggi lain, yaitu adanya integrasi antara keilmuan agama dan sains-humaniora", beber Hamdan.


Dikatannya bahwa implementasi MoU ini sesuai dengan bidang kerja masing-masing mitra, misalnya, dalam lingkup Kanwil Kemenag yang memang secara otomatis telah memiliki ikatan kerjasama dengan UIN Alauddin karena berada dibawah satu payung yaitu Kementerian Agama.

Penulis buku "Melawan Takdir" ini berharap kedepan kerjasama UIN Makassar dan Kanwil Kemenag dalam hal peningkatan kapasitas guru dan siswa madrasah dapat semakin diperkuat, apalagi UIN Alauddin telah memiliki Pusat Pelatihan Guru (PPG).

Gayung bersambut, Kakanwil Khaeroni yang juga didaulat menyampaikan sambutan mengungkapkan bahwa secara biologis UIN dan Kanwil Kemenag Sulsel lahir dari rahim yang sama yaitu Kementerian Agama, dan ada korelasi secara struktrural di bidang pendidikan secara berjenjang yaitu RA, MI, MTs, MA dan UIN atau STAIN.


Penandatanganan MoU ini menurut Khaeroni, lebih kepada mengkodiahkan atau mengokohkan kerjasama yang memang telah lama terjalin dengan UIN Makassar.

"Saya ingin kerjasama ini makin dikokohkan agar silaturrahmi dengan UIN Makassar terus terjalin, Seperti menyantrikan mahasiswa-mahasiswa UIN selama  3 bulan di pesantren-pesantren yang.ada di Sulsel", harap Khaeroni.

Kakanwil Kemenag Sulsel yang terlihat sangat akrab dengan Rektor UIN Makassar karena pernah tinggal bersama di Kanada ini juga berharap kerjasama ini berkesinambungan sebagai wahana silaturrahim Kemenag Sulsel dengan UIN, terutama dengan madrasah-madrasah yang notabene adalah calon-calon mahasiswa UIN.

Adapun perwakilan dari empat lembaga yang menandatangani MoU ini adalah Rektor UIN Makassar Prof. Hamdan Juhannis, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Drs Khaeroni, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel diwakili Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) Anggoro Dasananto serta Direktur PT Bank Mega Syariah diwakili Khadijah Samad selaku Branch Manager KC Makassar.


Rangkaian acara penandatanganan nota kesepahaman ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Prof Hamdan Juhannis kepada 3 lembaga yang telah bersepakat bekerjasama dengan UIN Alaudin Makassar. (AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.