Togo-Togo (Humas Jeneponto)  Setelah Sekian Lama di tunggu oleh Masyarakat khususnya Warga Kemenag Jeneponto,Khususnya Warga Kec. Batang yang sangat menginginkan Kantor KUA Baru, kini keinginan tersebut bisa terwujud, dimana pembangunan  Balai Nikah  dan Manasik haji Kec. Batang dimulai pada hari ini (Selasa, 11/08/2020 ).

Proses Pembangunannya ditandai dengan Peletakan Batu Pertama yang dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar yang mana lokasinya berada di capponga Kelurahan Togo-Togo  Jln Lanto Dg.Pasewang  sekira 2 Km dari KUA Kec. Batang yang Lama.


Turut menyaksikan dan mendampingi kakanwil di Acara tersebut  Kabid Urais dan Binsyar H. Muhammad Natsir , Kepala Seksi Bina Faham keagamaan dan Kepustakaan, H. Suardi Kepala Seksi Bina Lembaga Sapras  KUA  H. Sawedi , Camat Batang Basuki ,SH. Koramil dan Kapolsek serta Lurah Togo-Togo, Kepala Kantor Kemenag. Dan Kepala Seksi , pengawas Madrasah Wilayah Kec. Batang , Kepala KUA Kec. Se Kab. Jeneponto., serta PPK dan pelaksana pembangunan Bangunan Kantor tersebut .

sebelum dimulainya Peletakan Batu Pertama, Kepala Kantor Kemenag Kab. Jeneponto melaporkan bahwa pada dasarnya Kami dan warga masyarakat Jeneponto khususnya Kec. Batang sangat bersyukur  karena terealisasinya pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji yang ke tujuh di Jeneponto ini dengan anggaran yang bersumber dari SBSN dan mudahan tahun selanjutnya masih berlanjut karena tersisa 4 Kecamatan yang membutuhkan bangunan Baru.

Kakankemenag Jeneponto Juga mengungkapkan bahwa  Bangunan Balai Nikah KUA Kec. Kelara  termasuk bangunan terbaik di sul-sel, dan mampu menduduki urutan ketiga se Indonesia , olehnya itu melalui kesempatan ini berharap pula pelaksana agar apa yang dilakukan pada pembangunan Balai Nikah KUA Kec. Kelara dapat pula dilaksanakan di Tempat ini minimal sama dan bahkan lebih baik lagi dari yang sebelummnya, harap H.Saharuddin. 


sementara itu, Camat Batang Basuki,SH.M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah mempercayakan kepada kami warga Kec. Batang  sebuah Bangunan Baru yang sangat dibutuhkan keberadaannya oleh Masyarakat. dengan adanya pembungan Balai Nikah dan manasik haji, kami yakin  dapat memberikan manfaat khususnya untuk peningkatan pelayanan dibidang keagamaan secara maksimal, olehnya itu demi kelancaran proses pembangunan ini perlu kerjasama dan koordinasi yang super intens antara pelaksana dan pengawas , agar Bangunan ini bisa selesai tepat waktu dengan hasil terbaik. 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Sul-Sel  H. Anwar Abubakar dalam sambutannya menyebutkan bahwa  Pegawai di Kemenag Agama Kab.Jeneponto  jumlahnya masih sedikit, tapi ini tidak hanya terjadi di Kab.Jeneponto , tapi hampir seluruh Kabupaten Kota di Sulsel juga demikian akibat banyaknya yang pensiun dan formasi penggantinya tidak berbanding lurus, mudah-mudahan rektrutmen yang akan datang untuk kemenag Kab.Jeneponto bisa bertambah banyak  kuotanya.


Ditambahkan pula bahwa dengan dimulainya pembangunan ini , maka pelayanan terhadap masyarakat diharapkan bisa semakin meningkat, tidak hanya terfokus ke palayanan Nikah Rujuk, namun pelayanan lainnya termasuk pelayanan Haji, dan pelayanan bidang keagamaan lainnya Tambah  H. Anwar Abubakar .

Peletakan Batu pertama dimulai oleh Kepala Kanwil Kemenag kemudian disusul oleh Camat Batang, Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Sulsel, Kakankemenag Jeneponto , Kepala Seksi Bina Faham keagamaan dan Kepustakaan, Koramil ,Polsek dan Lurah yang disaksikan seluruh hadirin. 

Penulis Hj. Fahriah
Editor Mawardi, S.Ag.