Kemenag Bone Rapat Koordinasi, Berbagai Program Kerja Selama Ramadhan

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Watampone, (Humas Bone) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone gelar rapat koordinasi bersama jajarannya, Rabu (14/4/2021). Rapat dipandu langsung Kepala Sub Bagian TU Kemenag Bone H. Ahmad Yani, S.Ag., M.Ag dengan berbagai agenda.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Bone ini, dihadiri Kepala Kantor Kemenag Bone beserta para pejabat pengawas dijajarannya, para Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri dan Ketua Pokjawas.


Kasubag TU Kemenag Bone pada kesempatan itu menyampaikan suatu informasi yang patut disyukuri oleh umat muslim saat ini, yaitu izin pelaksanaan amaliah ramadhan.

“Tahun ini kita diberi izin untuk melaksanakan salat tarawih dan amaliah ramadhan lainnya, dengan tetap memperhatikan prokes covid-19,” pugkasnya.

Selanjutnya ia menyampaikan satu persatu agenda rapat yang menjadi rencana atau program kerja Kemenag Bone selama bulan ramadhan 1442 Hijriah.

“Pertama, kita tetap melaksanakan salat tarawih di kantor dan jamaahnya berjadwal dari KUA, Madrasah dan Pondok Pesantren, namun tidak berlaku untuk yang jauh. Tapi yang jauh tetap harus memberikan dukungannya. Kedua pelaksanaan tadarus baik di KUA dan Madrasah harus diterapkan. Ketiga pembagian takjil serentak baik di Kantor Kemenag, KUA dan Madarsah pada hari yang sama nantinya, dan terakhir safari internal Kemenag Bone,” jelas H. Ahmad Yani.


Kepala Kantor Kemenag Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum pada kesempatan itu mengingatkan kepada semua ASN dan honores dijajarannya untuk mempergunakan kesempatan di ramadhan ini, menyebarkan kebaikan. Sebaliknya menahan yang mudaratnya lebih banyak dari kebaikannya.

“Dimomen ramadhan ini, hal-hal yang sifatnya kebaikan kita sebarluaskan, dan yang sebaliknya jangan, kita tahan saja misalnya konten-konten yang bersifat negatif dan sindiran,” harapnya.

Ia juga mengemukakan jika Kementerian Agama Bone meraih berbagai prestasi. Tidak hanya Kantor Kemenag, akan tetapi madrasah turut nobarkan prestasinya ditingkat nasional. Sehubungan dengan itu, Kakan Kemenag Bone haturkan ucapan terima kasih kepada para pejuan prestasi.

“Terima kasih kepada Tim BMN yang ada di Kemenag Bone atas penghargaan yang diraih sebagai Kategori Penyelesaian Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara (BMN), begitupun MTsN 1 Bone meraih penghargaan yang sama. Terima kasih juga kepada beberapa madrasah merah prestasi di tingkat nasional. Semua laporannya telah sampai ke saya.” Ungkapnya.


Ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan. Untuk itu, selama bulan ramadhan, ia harapkan agar di Kecamatan melaksanakan program amaliah ramadhan misalkan lomba murottal atau kasidah. Dan yang tak kalah pentingnya adalah penyuluh agama di kecamatan menggunakan kesempatan ramadhan ini, untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan moderasi beragama. Menurutnya, tegaknya moderasi beragama  perlu dikawal oleh para Kepala KUA Kecamatan.

Kakan Kemenag Bone juga mengingatkan kepada Kepala KUA agar mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk keputusan zakat. Katanya, dari sekarang setiap Kepala KUA yang mawakili setiap wilayah agar mulai mencatat harga beras dipasar-pasar yang ada di kecamatan.

Terkahir, safari ramadhan internal Kantor Kemenag Bone. dalam rapat disepakati bahwa yang menjadi sasaran safari ramadhan 1442 H adalah Kecamatan Kajuara di Desa Angkue, Kecamatan Tellu Siattinge di Desa Itterung dan Kecamatan Ponre di Desa Salebba.

Setelah membahas sejumlah agenda selama ramadhan, rapat dilanjutkan dengan diskusi yang diawali pemaparan program kerja yang telah berjalan dari setiap kepala Seksi. Misalkan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengharapkan kerjasama yang baik kepada Kepala KUA untuk percepatan vaksinasi jamaah calon haji. (ahdi)


Daerah LAINNYA